Bus Terbakar karena Pecah Ban, Begini Logikanya

JAKARTA, virprom.com – Kebakaran mobil yang terjadi di Tol Wiyoto-Wiyono pada Rabu (12/6/2024) diduga disebabkan oleh pecahnya ban. Namun menurut para ahli, pemicunya bukanlah ban kempes.

Berdasarkan keterangan resmi Suku Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Timur, sebelum terjadi kebakaran, ban mobil tersebut mengalami kempes.

Baca juga: Mobil Terbakar di Tol Wiyoto-Wiyono, Total Lalu Lintas

Awalnya ban meledak, tak lama kemudian terjadi kebakaran di dekat ban yang rusak, demikian bunyi keterangan resmi Dinas Pemadam Kebakaran.

Zulpata Zainal, Inspektur Kendaraan PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan sistem timing sepertinya sudah berubah. Menurut dia, awalnya ada kebakaran, karena panas ban ikut terbakar.

“Memecahkan ban mobil, baik ban penumpang, ban mobil, atau ban mobil itu sulit. Perlu kondisi yang ekstrim, misalnya ban sangat gundul, lalu benturan benda berat atau tajam dengan kecepatan tinggi dan berat. berat,” kata Zulpata saat dihubungi virprom.com, baru-baru ini.

Baca juga: Kebakaran mobil bisa disebabkan karena penggunaan freon AC yang salah

“Kalau dilihat mobilnya terlihat seperti mobil mewah, bannya bisa radial. Jadi kecil kemungkinan bannya aus,” kata Zulpata.

Kemungkinan lainnya, menurut Zulpata, ban kempes atau tekanan anginnya kurang. Kemudian Anda menabrak baut jalan yang dilapisi. Biasanya terdapat baut untuk menandai lokasinya.

“Ini serius, masih bisa terjadi. Tapi kalau ban semua bagus, inflasi masih cukup, beban tidak terlampaui, kemungkinan ban rusak kecil,” ujarnya. Dengarkan Injil dan pilihan pesan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top