Bocoran Benchmark Calon CPU Flagship Intel Arrow Lake, Sekencang Apa?

virprom.com – Intel sedang mempersiapkan jajaran prosesor desktop generasi berikutnya yang menjanjikan dengan nama sandi Arrow Lake. Raksasa chip tersebut dikatakan sedang melakukan pengujian sebelum melanjutkan ke tahap produksi.

Arrow Lake baru-baru ini dikabarkan akan menunjukkan hasil pengujian chip versi Qualification Sample (QS). Versi QS biasanya dikirimkan sebelum produksi massal dan memiliki performa yang sama dengan versi CPU terbaru.

Tidak jelas prosesor model mana yang merupakan QS dari Arrow Lake. Namun, karena terdapat 24 inti CPU dalam konfigurasi 8P+16E, model andalannya mungkin adalah Core Ultra 9 285K atau Core Ultra 9 275.

Baca Juga: Intel Luncurkan Secret Core i9-14901KE, Prosesor Unggulan Tanpa E-Core

Hasil tes yang bocor menggunakan software Cinebench R23 tidak terlalu menggembirakan.

Seperti yang Anda lihat, modul QS Arrow Lake memiliki performa lebih tinggi dibandingkan core i9-14900K (Raptor Lake) andalan generasi saat ini, namun selisihnya hanya sekitar 4 persen.

Bagan hasil menunjukkan bahwa modul QS Arrow Lake diuji pada daya 250 watt, yang secara kasar sebanding dengan pengaturan TDP PL2 dari keluarga prosesor Raptor Lake sebesar 253 watt.

Dibandingkan dengan pesaingnya, Ryzen 9 9950X (sampel teknik), yang memiliki 16 inti kinerja (P) dan 32 thread dari benchmark lain, unit QS Arrow Lake sekitar 2 persen lebih cepat ketika Ryzen disetel ke 160 watt, namun tertinggal di belakang . Tertinggal 6,5 persen dari rivalnya jika diberi daya 230 watt.

Mengingat Arrow Lake menggunakan arsitektur baru yang dibuat dengan node Intel 20A, soket baru, dan memori DDR5 yang lebih cepat, performa modul QS Arrow Lake dalam bocoran uji benchmark Cinebench R23 mengecewakan.

Baca Juga: Intel Jelaskan Alasan CPU Gen 13 dan Gen 14 Tidak Stabil

Diposting KompasTekno dari ExtremeTech Jumat (26/7/2024) Di balik performa QS Arrow Lake ada beberapa karakteristik yang hanya sedikit berbeda dengan Core i9-14900K yang dibekali 24 core CPU dengan konfigurasi serupa.

Salah satunya Arrow Lake tidak dibekali teknologi Hyper-Threading sehingga jumlah thread di dalamnya lebih sedikit dibandingkan Core i9-13900K/14900K.

Intel sendiri dikabarkan akan mengumumkan jajaran prosesor Arrow Lake pada bulan September dan diluncurkan pada bulan Oktober. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top