Berapa Lama Nikotin Bertahan dalam Peredaran Darah?

virprom.com – Anda menghirup nikotin tidak hanya saat Anda menghisap rokok tradisional, tetapi juga saat Anda menghisap rokok elektrik.

Nikotin merupakan bahan kimia yang terdapat pada tanaman tembakau seperti rokok, cerutu dan tembakau kunyah, serta produk rokok elektrik dalam bentuk cair yang menguap.

Zat ini terutama dikenal karena sifatnya yang membuat ketagihan, yang merupakan salah satu alasan utama mengapa orang terus merokok meski sadar akan risiko kesehatannya.

Perokok seringkali merasa perlu untuk terus mengonsumsi produk nikotin untuk menghindari gejala putus nikotin seperti kecemasan dan kesulitan berkonsentrasi.

Saat dihirup, nikotin masuk ke aliran darah. Berapa lama zat ini bertahan dalam aliran darah Anda bergantung pada sejumlah faktor, termasuk genetika dan jumlahnya. Namun, nikotin bertahan rata-rata 80 hingga 100 jam (kira-kira 3 hingga 4 hari).

“Tidak ada cara cepat untuk menghilangkannya,” kata Dr. Benjamin Toll, direktur asosiasi Program Pemeriksaan Paru-Paru di Fakultas Kedokteran Universitas South Carolina.

Baca juga: 20 Tanda Kecanduan Nikotin yang Harus Anda Ketahui

Perokok tradisional 25 kali lebih mungkin terkena kanker paru-paru. Meskipun perokok elektronik lebih sedikit terkena racun, mereka bukannya tanpa masalah.

Rokok elektrik diketahui berhubungan dengan penyakit paru-paru kronis dan asma. Para ahli menekankan bahwa karena penggunaan rokok elektrik tergolong baru, efek jangka panjangnya masih belum diketahui secara luas.

Nikotin dalam tubuh tidak hanya berdampak pada kesehatan paru-paru, tetapi juga meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, sehingga dapat memicu serangan jantung.

Berhenti merokok tidak selalu mudah, namun bantuan kini tersedia, termasuk konseling dan pengobatan dengan produk pengganti nikotin.

“Manfaat berhenti merokok akan langsung terasa pada tubuh Anda, jadi tidak ada kata terlambat,” kata dokter Alejandra Ellison Burns, menurut USA Today.

Beberapa produk, seperti permen karet nikotin, koyo, dan tablet hisap, dirancang untuk membantu orang berhenti merokok dengan memberikan nikotin dalam bentuk yang tidak terlalu berbahaya. Produk ini mengurangi gejala putus nikotin dan mendukung proses berhenti merokok.

Baca juga: Waspadai kandungan timbal dan uranium pada vape Anda. Dengarkan berita terkini dan pilihan teratas langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top