Pertemuan Bilateral dengan PM Marape, Jokowi Sampaikan Dukacita untuk Bencana di Papua Nugini

Bogor, virprom.com – Presiden Joko Widodo menyampaikan belasungkawa atas bencana tanah longsor di Papua Nugini.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden langsung kepada Perdana Menteri (PM) James Marape pada pembukaan pertemuan bilateral di Istana Bogor, Senin (15/7/2024).

“Perdana Menteri Marape yang terhormat, selamat datang kembali di Indonesia. Izinkan saya sekali lagi menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas bencana tanah longsor di provinsi Enga,” kata Jokowi, Senin.

Jokowi mengatakan, pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada korban tanah longsor di Papua Nugini pada pekan lalu.

Perdana Menteri Marape juga mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut.

Baca Juga: Jokowi Terima Kunjungan PM Papua Nugini di Istana Bogor

Ia mengapresiasi pemerintah Indonesia yang mengirimkan bantuan untuk membantu warganya.

Usai pembukaan, Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Marape melanjutkan pertemuan bilateral secara tertutup.

Pertemuan bilateral tersebut didampingi oleh Presiden Jokowi dan beberapa menteri. Antara lain Menteri Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kemudian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadeem Makarim dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandzaitan.

Baca Juga: Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afghanistan

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan ke Papua Nugini pada Senin (8/7/2024).

Presiden menjelaskan, pada 24 Mei 2024 terjadi bencana tanah longsor di Provinsi Enga, Papua Nugini, sehingga Indonesia harus memberikan bantuan kepada masyarakat Papua Nugini.

Bantuan yang dikirimkan ke Papua Nugini berupa obat-obatan, makanan tambahan, dan perlengkapan kebersihan berjumlah Rp 18 miliar. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top