Bahaya Berkendara dengan Muatan Berlebih

JAKARTA, virprom.com – Menghindari mengemudi berlebihan merupakan salah satu kunci utama menjaga keselamatan dan performa kendaraan Anda.

Beban yang berat tidak hanya mempengaruhi performa mesin, tetapi juga menimbulkan tekanan ekstra pada ban sehingga dapat menyebabkan keausan ban.

Fisa Risciano, Vice President Original Equipment (OE) Indonesia, Bridgestone Indonesia menjelaskan, selain tekanan udara internal, tekanan eksternal yakni bobot kendaraan juga berperan besar terhadap kondisi ban.

Baca juga: Begini Cara Mengisi Radiator dengan Air Saat Mobil Overheat

“Kelebihan muatan bisa menyebabkan ban kempes,” ujarnya kepada virprom.com, Rabu (26/6/2024).

Selain itu, FISA menekankan pentingnya pembagian beban yang seimbang.

“Pembagian beban juga harus seimbang, dimana beban beban tidak terpusat pada satu sisi atau salah satu sudut kendaraan. Hal ini penting untuk menghindari keausan ban yang tidak merata dan menjaga kestabilan kendaraan,” imbuhnya.

Berkendara dengan beban yang berat dapat menimbulkan berbagai masalah pada kendaraan.

Baca Juga: Toyota Fortuner Edisi Sengit Berjudul Konsep Hyper-F

Tekanan ban yang berlebihan tidak hanya meningkatkan risiko ban kempes, tetapi juga mempercepat keausan ban, memperpendek umur ban, serta mempengaruhi pengendalian dan kemampuan manuver kendaraan.

Ban yang kelebihan beban juga cepat panas sehingga dapat memperburuk kondisi dan meningkatkan risiko kecelakaan. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top