Wapres Peringatkan Limbah B3 Tak Bisa Dibuang Sembarangan

JAKARTA, virprom.com – Wakil Presiden (Wapres) Indonesia Ma’ruf Amin meninjau fasilitas pengolahan limbah di PT, khususnya pengelolaan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Prada Tanara Pratama di Kawasan Industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Kamis (27/0/2024).

Dalam kunjungannya tersebut, Wapres menekankan pentingnya pengolahan sampah, khususnya limbah B3, sebagai permasalahan lingkungan yang mendesak.

Apalagi, akhir-akhir ini limbah B3 sedang menjadi permasalahan. Sampah banyak dibuang ke tempat sehingga menjadi permasalahan bagi lingkungan hidup, kata Maruf dalam keterangannya.

Ia juga menekankan agar pengolahan limbah B3 sebaiknya dilakukan di kawasan industri untuk menghindari kerusakan lingkungan di luar kawasan.

Baca Juga: Wapres Kunjungi Jatim Kunjungi Pabrik Pengolahan Limbah B3 dan Pondok Pesantren

“Diharapkan pengolahan limbah tersebut dilakukan di kawasan industri. “Jangan sampai industri luar merusak lingkungan,” kata Maruf.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga mendengar rencana perluasan Kawasan Industri PIER seluas 2000 hektare hingga Ngawi.

Untuk itu, orang nomor dua di Indonesia ini mengingatkan kita akan pentingnya pengolahan sampah yang berkelanjutan.

M. Maruf juga mengapresiasi upaya Kementerian Ekologi dan Kehutanan (MLHK) dalam pembangunan fasilitas pengolahan sampah di kawasan industri.

Baca Juga: Pembuatan Karpet Terkenal Dunia di Pasuruan, Wapres: Bikin Mobil Saja…

“Kementerian Ekologi dan Kehutanan secara rutin menggarap pembangunan fasilitas pengolahan sampah.

Wapres menegaskan, pengolahan sampah merupakan bagian dari program pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Program ini merupakan komitmen sekaligus upaya Indonesia untuk mengurangi emisi karbon.

“Ini juga merupakan program pembangunan berkelanjutan, SDG. “Indonesia dan kami adalah bagian dari program SDG, yaitu komitmen kami untuk mengurangi emisi karbon,” kata Ma’ruf.

Baca Juga: Wapres Serukan Edukasi Bahaya Judi ‘Online’: Jangan Jadi Masyarakat Judi!

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ini berharap pengolahan sampah bisa memberikan nilai tambah dan manfaat bagi masyarakat.

 

“Kami berharap membuang sampah sembarangan akan berubah menjadi perkelahian di sini. Semoga diberkati. Sekarang orang-orang membuang sampah sembarangan. Namun terkadang Anda bisa menolaknya. “Karena mempunyai nilai pada suatu saat,” kata Maruf.

PT Prada Tanara Pratama merupakan perusahaan penyedia jasa pengelolaan limbah B3 dan non-B3 yang profesional dan inovatif. Perusahaan ini memiliki izin resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan didukung oleh para ahli di bidang pengelolaan limbah. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top