Cara Mengemudikan Mobil Transmisi Matik agar Hemat BBM

KLATEN, virprom.com – Mobil bertransmisi otomatis identik dengan kenyamanan dan kemudahan penggunaan. Sistem transmisi secara otomatis akan mengatur kecepatan sesuai kebutuhan pengemudi.

Di sisi lain, meskipun merupakan kelebihan pada mobil matic, hal ini juga bisa menjadi kerugian karena pengemudi tidak dapat memilih gigi yang ingin digunakan secara manual melalui pemindah gigi otomatis.

Pada mobil matic, Pengemudi bisa saja terus berpindah ke gigi yang lebih tinggi atau tidak mengoptimalkan putaran mesin untuk menghemat bahan bakar.

Baca Juga: Transmisi Otomatis Cepat Aus Jika Sering Membawa Beban Berat?

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten, mengatakan mobil matic memiliki sistem otomatis yang menentukan kecepatan berdasarkan pembacaan dari beberapa sensor.

“Setiap produsen mobil berupaya untuk menghasilkan kendaraan yang efisien, sehingga sistem transmisi otomatis selalu berupaya mengoptimalkan energi yang terbakar (BBM) pada tenaga atau putaran roda,” kata Hasan kepada virprom.com, Minggu (02/06/2024).

Membuka pintu sesuai kecepatan kendaraan; Akselerasi pada mobil matic akan diatur oleh modul kendali transmisi (TCM) dan modul kendali mesin (ECM) berdasarkan pembacaan sensor seperti putaran mesin, kata Hasan.

Baca: Benarkah Mobil Transmisi Otomatis Tak Perlu Mengaktifkan Rem Parkir?

“Untuk menghemat bahan bakar diperlukan jarak dan konsumsi bahan bakar serendah mungkin atau putaran mesin rendah, sedangkan transmisi bermain dengan perbandingan putaran mesin terhadap daya transmisi,” kata Hasan.

Hasan mengatakan, kondisi tersebut bisa dicapai bila mobil matic dikendarai dengan kecepatan sekitar 60 hingga 80 km/jam dengan putaran mesin dikurangi. Saat itu, kecepatan gigi sudah berada di posisi 4.

Berbeda halnya jika pengemudi sering menabrak dan akan memperlambat lajunya untuk mendapatkan kecepatan terbaik sekaligus menggunakan bahan bakar lebih banyak, kata Hasan.

Oleh karena itu, menurut Hasan, untuk menghemat bahan bakar dengan menggunakan mobil matic; Pengemudi dapat berkendara terus menerus dalam mode jelajah atau dengan putaran mesin rendah. Kondisi ini menentukan kecepatan transmisi pada posisi 4. Saksikan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top