Profil Eko Yuli Irawan, Asa Emas di Kesempatan Perjuangan Olimpiade Kelima

virprom.com – Eko Yuli Irawan Metro, petinju kelas berat Indonesia asal Lampung. adalah salah satu orang terkemuka di negara itu

Bagaimana Eko Yuli Irawan mengharumkan nama Indonesia dengan melakukan angkat besi di stadion tertinggi dunia. Termasuk Olimpiade.

Kini Eco Yuli bersama 29 atlet lainnya akan kembali mengibarkan bendera Merah Putih di Olimpiade Paris 2024 pada 26 Juli hingga 11 Agustus.

Echo sebelumnya memastikan tiket Olimpiade Paris 2024 usai kompetisi angkat besi dunia di Phuket, Thailand pada Selasa (4/2/2024) .

Baca Juga: Atlet Angkat Besi Putra Indonesia Eko Yuli Irawan Lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Saat itu, Echo berhasil mengangkat beban 133kg, meski cedera lututnya belum bisa pulih sepenuhnya. Pasalnya cedera lututnya belum sembuh 100%.

Namun, Eco berada di peringkat ketiga dalam peringkat kualifikasi Olimpiade. Dengan berat total 300kg.

Rekor tersebut diraih Eco saat berlaga di IWF World Heavyweight Championship 2022 di Bogotá. Colombian Eco juga lolos ke Paris pada tahun 2024.

Lolosnya Eko ke Paris menjadikannya atlet Indonesia dengan penampilan terbanyak di Olimpiade dengan total lima penampilan, demikian klaim Kompas.id.

Baca Juga: Momen Emas Olahraga Indonesia: Eko Yuli, Atlet Merah Putih Peraih Medali Olimpiade Terbanyak

Sejak Olimpiade Beijing 2008, Echo rutin hadir di panggung olahraga tertinggi dunia. Lahir pada 24 Juli 1989 (umur 35), lifter asal Metro ini juga merupakan peraih medali tetap.

Di Beijing pada 2008 dan London 2012, Eko juga meraih perak di Rio 2016 dan Tokyo 2020.

Ia merupakan atlet Indonesia yang telah meraih empat medali Olimpiade sebanyak empat kali.

Hanya lifter putri papan atas Indonesia, Raema Lisa Rumbewas, yang nyaris menyamai prestasi Echo yang meraih tiga medali hanya di tiga Olimpiade.

Baca Juga: Statistik SEA Games, Modal Berharga Eco Yuli Jelang Olimpiade Paris 2024

Eco bersyukur bisa lolos ke Olimpiade.

“Alhamilillah. Saya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan saya kesempatan untuk mengikuti Olimpiade yang kelima kalinya,” kata Eko Yuli dalam pernyataan NOC Indonesia. Detail pribadi Eko Yuli Irawan

Menurut situs Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia), kompetisi internasional pertama yang diikuti Eco adalah Kejuaraan Dunia Junior 2006.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top