Perut Kembung Terus-Menerus: Penyebab dan Pencegahannya

virprom.com- Kembung merupakan gejala umum yang dialami banyak orang. Meskipun biasanya tidak berbahaya, Namun kembung yang terus-menerus bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius.

Seperti disebutkan dari berbagai sumber Kembung yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh : 1. Makan.

Mengonsumsi makanan yang sulit dicerna, seperti kacang-kacangan, kubis, atau makanan berlemak. Dapat menyebabkan gas berlebihan pada saluran pencernaan. 2. Alergi atau intoleransi makanan.

Intoleransi laktosa atau gluten dapat menyebabkan kembung karena tubuh tidak mampu mencerna bahan tertentu dalam makanan.

Baca selengkapnya: 4 Cara Mengatasi Kembung Setelah Makan Besar 3. Kebiasaan makan cepat.

Menelan udara saat makan atau minum dapat meningkatkan jumlah gas di perut. 4. Kondisi Medis

Kondisi medis tertentu, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit celiac, atau infeksi usus Dapat menyebabkan kembung kronis. 5. Perubahan hormonal.

Pada wanita, perubahan hormonal saat menstruasi atau menopause bisa menyebabkan kembung.

Baca selengkapnya: 4 Cara Mengatasi Perut Kembung Setelah Makan Banyak

Untuk menghindari kembung Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti: 1. Sesuaikan pola makan.

Makanan yang mengandung gas bisa menyebabkan kembung. Menghindari makanan yang diketahui menimbulkan gas dan memilih makanan yang mudah dicerna akan membuat perut Anda lebih nyaman 2. Kunyah hingga tuntas.

Jumlah udara yang tertelan dapat dikurangi dengan makan secara perlahan. Dan kunyah makanan secara menyeluruh. 3. Hindari minuman berkarbonasi.

Minuman seperti soda dapat meningkatkan produksi gas di perut. Untuk mencegah kembung Sebaiknya hindari minuman bersoda. 4. Atur porsi makan.

Makan dalam jumlah kecil Namun seringkali dapat membantu pencernaan bekerja lebih efisien. 5. Berolahraga secara teratur.

Olahraga dapat membantu mengeluarkan gas melalui sistem pencernaan dengan lebih cepat. 6. Berhenti merokok.

Rokok menjadi salah satu penyebab produksi asam dan gas lambung berlebih. Akibatnya, mual, kembung, dan nyeri bisa saja terjadi meski Anda tidak makan tepat waktu.

Jika kembung terus berlanjut dan parah, seperti sakit perut yang berkepanjangan. Darah dalam tinja, mual, nyeri dada, atau penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya. Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

 

  Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top