Survei Litbang “Kompas”: Elektabilitas Ridwan Kamil 36,6 Persen, Mendominasi di Jawa Barat

JAKARTA, virprom.com – Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mendominasi negara Pasundan. Hal ini terlihat mulai tahun 2024. pada bulan Juni Hasil penelitian “Litbang Kompas”.

Berdasarkan tahun 2024 15-20 Juni Berdasarkan survei Litbang Kompas, elektabilitas Ridwan Kamil mencapai 36,6%.

Sedangkan Dedy Muyadi masih belum bisa mengungguli atau hanya mampu menaungi Ridwan Kamil. Elektabilitas Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Gerindra sebesar 12,2 persen.

Mengutip Kompas.id, Rabu (17/7/2024), nama-nama lain yang muncul seperti Bima Arya, Atalia Praratya, dan Ahmad Syaikhu didukung oleh kurang dari dua persen responden yang disurvei.

Apalagi, sejumlah nama selebriti yang terjun ke dunia politik tak mampu menandingi elektabilitas Ridwan Kamil. Seperti Desy Ratnasari, Deddy Mizwar, dan Komeng yang hanya mendapat kurang dari 1%.

Baca juga: Survei Litbang Kompas: Anies, Ahok, dan Ridwan Kamil Jadi Nama Utama yang Difinalkan di Pilkada Jakarta

Namun hasil survei yang sama juga menunjukkan bahwa sebanyak 41 persen responden tidak menjawab atau menyatakan tidak tahu.

Berikut hasil survei Litbang Kompas tentang elektabilitas calon Gubernur Rujukan Publik Jabar yang dikutip Kompas.id: Ridwan Kamil 36,6 persen. Deddy Mulyadi 12,2 persen. Bima Arya 1,6 persen. Atalia Praratya 1,6 persen. Ahmad Syaikhu 1 persen. Desi Rathani 0,8 persen. Dedy Mizwar 0,8 persen. Alfiansyah Komenang 0,8 persen. 3,6 persen lainnya Saya tidak tahu, 41% tidak menjawab.

Berikut link berita Kompas.id https://www.kompas.id/baca/riset/2024/07/16/survei-pilkada-2024-ridwan-kamil-domasi-jabar-11?open_from=Riset_Page

Peneliti Litbang Kompas Andreas Yoga Prasetyo mengatakan Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil terbilang dominan karena memiliki partisipasi pemilih sebesar 36,6 persen.

“Yang pertama terlintas di benak Ridwan Kamil, kalau ditanya publik 36,6 persen. Banyak sekali. Anies Baswedan sendiri kemarin 29,8 persen,” kata Andreas Jog kepada virprom.com, Rabu.

“Belum dinominasikan secara resmi, kan?” Nanti mungkin (kesesuaian) bisa lebih tinggi lagi kalau kandidatnya sudah ada (di survei baru), lanjutnya.

Baca juga: Saya Tak Mau Latih Ridwan Kamil di Jakarta, Golkar: Tak Ada Harapan Menang Sekarang

Selain itu, Andreas menyebut Ridwan Kamil juga memiliki pemilih setia yang cukup banyak. Terlihat dari jumlah responden yang menjawab pasti akan memilih jika Kang Emil dilantik menjadi Gubernur Jawa Barat mencapai 48 persen.

Sedangkan rival terdekatnya, Dedi Mulyadi, hanya mendapat dukungan 26,4 persen dari responden yang pasti memilihnya jika diangkat menjadi Gubernur Jawa Barat.

Dalam hal oposisi, wakil presiden Partai Golkar juga relatif lemah, dengan 6,2 persen responden mengatakan mereka tidak akan memilihnya jika ia diangkat menjadi Gubernur Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top