Olimpiade Paris 2024, Kesetaraan Gender di Dunia Olahraga

virprom.com – Olimpiade Paris 2024 yang digelar 26 Juli-11 Agustus 2024 mencapai kesetaraan gender. 

Sebanyak 10.500 atlet diperkirakan akan berlaga di Olimpiade, menurut laporan dari AS. Artinya dari angka tersebut, jumlah atlet putra dan putri berimbang.

Menurut situs resmi Olimpiade, jumlah atlet wanita telah tumbuh secara eksponensial sejak mereka pertama kali berkompetisi di Olimpiade tahun 1900. 

Saat itu atlet putri hanya berjumlah 22 orang atau 2,2 persen dari 997 peserta. Mereka tersebar di lima cabang olahraga seperti tenis, berlayar, kroket, berkuda, dan golf. 

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Misi Nol Emisi Karbon dan Kesetaraan Gender Capai Sejarah Olimpiade Tahun Ini! ????

Paris 2024 akan menyaksikan kesetaraan gender sepenuhnya di lapangan, dengan 50% pria dan 50% wanita berkompetisi dalam pertandingan #IWD2024 #GenderEqualOlympics #Olympics pic.twitter.com/XqNPjZd3mN — Olimpiade. Olimpiade) 8 Maret 2024

Pada Olimpiade Tokyo 2020, persentase atlet putri mencapai 48 persen dan pada ajang tersebut terdapat perubahan aturan yang memperbolehkan satu atlet putra dan satu atlet putri membawa bendera negaranya pada upacara pembukaan. 

Sekitar 91 persen Komite Olimpiade Nasional (NOC) telah menetapkan atlet putri mereka sebagai pembawa bendera. 

Peningkatan jumlah atlet putri ini tidak lepas dari upaya Komite Olimpiade Internasional (IOC) selama 25 tahun terakhir untuk mencapai kesetaraan gender di Olimpiade Paris 2024. 

Mereka bekerja erat dengan setiap NOC dan Federasi Internasional. Perubahan juga dilakukan untuk menambah jumlah pemain wanita. 

Baca juga: Kejutan Indonesia Menanti di Olimpiade Paris 2024

Salah satunya adalah menambahkan permainan beregu ganda atau campuran ke banyak cabang olahraga untuk meningkatkan kesadaran akan kesetaraan gender. 

Jumlah event campuran di Tokyo 2020 lebih tinggi dibandingkan Olimpiade di Rio de Janeiro empat tahun sebelumnya. 

Sedangkan Indonesia sendiri telah melatih 29 atlet dengan rincian 13 atlet putri dan 16 atlet putra dari 12 cabang olahraga. 

Indonesia membawa pulang 5 medali di Olimpiade Tokyo 2020, antara lain satu emas, satu perak, dan tiga perunggu. 

Gracia Foley/Afriani Rahu (Bulu Tangkis) meraih medali emas dan Eko Yuli Arwan (Angkat Besi) meraih medali perak. 

Sementara tiga medali perunggu diberikan kepada Anthony Sinisuka Ginting (Bulu Tangkis), Windy Kantika Ayesha (Angkat Besi), dan Rahmat Erwin Abdullah (Angkat Berat).  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top