WhatsApp Siapkan Fitur Mirip Apple AirDrop untuk Pengguna iPhone

virprom.com – WhatsApp sedang menyiapkan fungsi berbagi file mirip Apple AirDrop di iPhone. Di WhatsApp, fitur ini disebut “Berbagi Terdekat”.

Berbagi Terdekat WhatsApp memungkinkan pengguna untuk berbagi file media seperti foto, video, atau dokumen dengan orang-orang terdekat secara fisik.

Jadi pengguna tidak perlu menyimpan kontak terlebih dahulu, atau membuka ruang chat untuk mengirim file seperti cara yang digunakan selama ini.

Menariknya, fungsi ini tidak memerlukan koneksi internet, melainkan melalui Bluetooth atau koneksi WiFi yang sama antar perangkat, mirip dengan cara kerja AirDrop di iPhone atau Instant Sharing di ponsel Android.

Oleh karena itu, pengguna dapat mengirim file meskipun tidak memiliki kuota data atau tidak terkoneksi dengan jaringan Internet.

Baca juga: Baru di WhatsApp, Tab Favorit, Fungsinya, dan Cara Menggunakannya

Fitur ini pertama kali dikembangkan WhatsApp pada awal tahun ini untuk WhatsApp Android. Kini, fitur yang sama telah dikembangkan untuk WhatsApp iOS melalui WhatsApp iOS versi beta update 24.15.10.70.

Meski fitur-fiturnya sama di WhatsApp Android, namun tata cara menggunakan fitur ini sedikit berbeda di WhatsApp versi iOS.

Pengguna iOS perlu memindai kode QR sebelum berbagi file bergaya AirDrop. Pengguna yang perlu memindai QR akan menjadi pengguna yang menerima file tersebut.

Sementara di Android, WhatsApp meminta pengguna menggoyangkan ponsel cerdas secara fisik untuk menemukan perangkat penerima di dekat pengguna hingga permintaan berbagi file muncul di layar.

Belum banyak informasi mengenai fitur berbagi file yang masih dalam pengembangan oleh WhatsApp ini. Desain dan fungsionalitas terus disempurnakan dengan detail tambahan terkait izin, privasi, dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Baca Juga: WhatsApp Siapkan Fitur Username Untuk Web

Bocoran fitur baru WhatsApp dilansir KompasTekno dari situs berbagi populer WABetaInfo, Rabu (24/7/2024), fitur tersebut akan berjalan di platform tersebut.

Dengan demikian, pengguna WhatsApp Android dapat menerima file melalui fitur Berbagi Terdekat di WhatsApp versi iOS. Di sisi lain. Praktik ini berbeda dengan AirDrop yang terbatas pada perangkat iOS saja.

Tidak hanya itu, fitur ini telah dilindungi dengan sistem keamanan enkripsi end-to-end, sehingga hanya penerima yang dituju yang dapat mengakses file yang dikirimkan.

Jadi, nomor telepon pengguna juga dirahasiakan dari pengguna yang nomor teleponnya tidak ada dalam daftar kontak.

Namun mengingat fitur ini masih dalam pengembangan, WhatsApp kemungkinan akan melakukan perubahan. Jadi ketika fitur ini resmi dirilis, mungkin akan berbeda atau sama dengan yang sedang dikembangkan. Kami menunggu pembaruan WhatsApp berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top