Pentingnya Rutin Cek Kolesterol, Hipertensi, dan Gula Darah

virprom.com – Penyakit tidak menular seperti darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi merupakan awal dari berbagai penyakit.

Berdasarkan data Survei Kesehatan Indonesia tahun 2023, dilaporkan bahwa sebagian besar disabilitas yang terjadi pada masyarakat seperti penglihatan, pendengaran, dan kemampuan berjalan disebabkan oleh penyakit tidak menular.

Tekanan darah tinggi dan diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan stroke, gagal ginjal, dan penyakit jantung. Demikian pula, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena masalah kardiovaskular.

Namun kesadaran masyarakat terhadap tes dan diagnosis sangat rendah.

Hanya 5,9 persen kasus tekanan darah tinggi yang terdiagnosis pada kelompok usia 18-59 tahun. Sementara itu, 22,9% terdiagnosis pada kelompok usia di atas 60 tahun.

Untuk itu pemeriksaan kesehatan khususnya tekanan darah, gula darah dan kolesterol tinggi sebaiknya dilakukan secara rutin setahun sekali.

Pemeriksaan kesehatan rutin sebenarnya lebih murah dibandingkan biaya pengobatan jika penyakitnya diketahui serius.

Menurut BPJS Kesehatan, beban pembiayaan penyakit tidak menular mencapai Rp24,1 triliun pada tahun 2022, meningkat Rp17,9 triliun dibandingkan tahun 2021.

Baca juga: Waspadai Pengaruh Darah Tinggi terhadap Pecahnya Pembuluh Darah Besar

Periksa segitiganya

Mendukung upaya pemerintah dalam promosi dan pencegahan kesehatan, PT Dexa Medica melalui inisiatif sosial perusahaan Dharma Dexa mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan pemeriksaan terhadap penyakit kronis yang disebut dengan “Triangle Check” yaitu darah tinggi, kolesterol dan diabetes.

“Kami mengadakan triple test event yaitu hipertensi, kolesterol dan diabetes di enam kota dengan tujuan menjangkau lebih dari 2.000 pasien yang akan menjalani screening gratis. Rangkaian acara ini diadakan dalam rangka HUT Dexa Medica ke-55,” kata Presiden. Direktur PT Dexa Medica, V. Heri Sutanta di sela-sela acara yang digelar di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno, Jakarta (21/7).

Ia mencontohkan, mitranya berupa rumah sakit, serta lebih dari 1.000 apotek dan klinik di berbagai kota, akan bekerjasama dalam rangkaian acara ini.

Pada Triangle Check di Jakarta, Dexa Medica bermitra dengan RS Abdi Waluyo, aplikasi GoApotik dan dkonsul telemedicine untuk latihan kebugaran olahraga serta Stimuno Forte.

Program Check Triangle dirancang untuk memberikan layanan skrining dan konseling penyakit kronis gratis kepada masyarakat.

Program ini meliputi 3 pemeriksaan utama yaitu tekanan darah, gula darah instan, dan kolesterol, dalam 3 tahap yaitu pemeriksaan melalui pemeriksaan kesehatan awal, konsultasi untuk mendapatkan nasihat medis dari dokter, dan edukasi melalui pembelajaran menjaga kesehatan secara terus menerus. . Dasar.

Baca juga: Pola Tidur Tidak Teratur Tingkatkan Risiko Diabetes Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top