Hindari Makanan Ini Saat Demam, Berikut Panduan Menu Sehat agar Lekas Pulih

virprom.com – Demam merupakan respon alami tubuh terhadap infeksi atau penyakit. Saat demam, tubuh akan meningkatkan suhunya untuk melawan bakteri penyebab penyakit.

Dalam situasi ini, banyak orang yang tidak tertarik makan karena merasa tidak nyaman. Jika diikuti, demam bisa berlangsung lama. Pasalnya, tubuh membutuhkan banyak makanan untuk melawan infeksi.

Sayangnya, penderita flu tidak bisa makan sebanyak yang mereka mau. Menurut Dr. Hany Anneke, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat memperparah demam.

Baca Juga: Apa Penyebab Demam Malam Hari pada Anak? Berikut penjelasannya…

Selain mengonsumsi obat antipiretik dan istirahat yang cukup, penderita masalah ini juga harus memperhatikan pola makannya. Makanan yang tidak tepat bisa memperburuk kondisi tubuh, ujarnya dalam rilis yang diperoleh virprom.com, Rabu (24/7/2024). ).

Beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari adalah sebagai berikut. 1. Makanan tinggi lemak

Lemak membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh. Dr. Hany juga mengatakan lemak bisa meningkatkan suhu tubuh.

“Ini bisa memperburuk demam dan membuat Anda merasa tidak nyaman,” katanya.

Beberapa contoh makanan tinggi lemak adalah daging merah seperti daging sapi, kambing, dan domba. Lalu, ada juga produk susu seperti keju, mentega, dan krim yang tinggi lemak.

Hindari juga makanan olahan seperti sosis, burger, dan pizza, jelasnya. 2. Makanan pedas

Menurut Dr. Makanan manis dan pedas juga dapat meningkatkan suhu tubuh dan memperparah demam. Selain itu, mengonsumsi makanan pedas saat tubuh sedang tidak sehat dapat memperlambat pencernaan dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

“Cabai mengandung capsaicin yang dapat meningkatkan suhu tubuh. Hindari makan makanan pedas seperti sambal, sambal dan masakan pedas lainnya. 3. Makanan tinggi gula

Dr. Hany mengatakan gula dapat meningkatkan peradangan dan dehidrasi. Kondisi ini bisa memperlambat proses pemulihan tubuh dari demam.

Contoh makanan tinggi gula adalah kue kering, roti manis, dan manisan. Selain makanan, berbagai jenis minuman juga banyak mengandung gula. Ini termasuk soda, jus kemasan, dan kopi susu.

Baca juga: Bolehkah Minum Air Kelapa Saat Demam? Berikut penjelasannya…

Hindari juga tambahan gula, seperti gula pasir, madu, dan sirup, pada makanan dan minuman saat Anda sedang pilek.

Seperti diketahui, tambahan gula mampu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Kadar insulin yang tinggi dapat memperburuk demam atau peradangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top