Ini Alasan Wajib Cek Apron Saat Membeli Mobil Bekas

SLEMAN, virprom.com – Apron merupakan bagian tengah mobil pada ruang mesin dan bagasi belakang. Ini adalah bagian dari crumple zone dan berfungsi sebagai peredam kejut saat terjadi kecelakaan.

Jadi, celemek merupakan tanda mobil mengalami tabrakan atau tidak. Perbaikan yang tidak tepat pada apron akan meninggalkan bekas seperti pengelasan atau deformasi.

Nova, mekanik dari Aha Moto Yogyakarta, mengatakan pernah atau tidaknya mobil menikung menjadi faktor terpenting dalam memilih mobil bekas karena tidak mudah mengembalikan servisnya ke posisi semula.

Baca juga: Benarkah Mobil yang Jatuh Akan Menjadi Bangkai Setelah Kecelakaan?

“Saat mobil mengalami kecelakaan, apalagi bentuk sasisnya sudah berubah, biaya perbaikannya tidak murah sehingga perbaikannya kurang bagus atau terlihat bagus dari luar,” kata Nova kepada Kompascom, Minggu (7/). 07/2024).

Nova mengatakan, khusus bagian depan, konsumen wajib mengecek apron yaitu tempat parkir di atas roda dengan membuka kap mesin.

“Jika ditemukan bentuknya tidak biasa, rusak, atau ada sambungan las, berarti kendaraan tersebut pernah mengalami tabrakan, padahal kondisinya kurang baik,” kata Nova.

Menurut Nova, situasi ini perlu diwaspadai karena jika hasilnya kurang bagus berarti ada perubahan sudut roda. Oleh karena itu, dalam pengoperasiannya, mobil tidak lagi sebagus saat masih baru dari pabrikan.

Baca Juga: Perkiraan Biaya Perbaikan Kerusakan Akibat Tabrakan

Bisa berupa kemudi yang tidak stabil, body gemetar saat berkendara dan sejenisnya, karena ada perubahan pada dudukan dudukan dan sasis mobil yang mengalami kecelakaan sehingga menyebabkan pendeknya sasis mobil. itu tidak mudah,” kata Nova.

Selain masalah performa, Nova juga mengatakan perawatan yang ceroboh pada sasis mobil akan mengakibatkan adanya celah antar bagian yang tidak diperlukan. Seperti bukaan pada bukaan pintu, daun jendela, daun jendela dan lainnya.

Tampilan mobil semakin bagus sehingga kurang enak dipandang, kata Nova.

Saat membeli mobil bekas, pembeli harus memperhatikan kondisi apronnya, karena dapat menandakan apakah mobil tersebut pernah terlibat di tikungan depan atau tidak. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran pesan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top