Genre Game yang Paling Diminati Gen Z dan Gen Alpha, Menurut Riset

virprom.com – Firma riset pasar game Newzoo telah merilis laporan bertajuk Global Gamer Study. Laporan tersebut mencakup temuan tentang bagaimana konsumen dari berbagai kelompok umur terlibat dengan industri game. Laporan tersebut mensurvei 73.000 responden di 36 pasar.

Berdasarkan laporan tersebut, para gamer muda, Generasi Alpha (lahir 2010-2024) dan Generasi Z (lahir 1995-2009), lebih menyukai game bergenre global.

Secara spesifik, dari hasil survei terhadap 38.417 gamer Generasi Alfa dan Generasi Z, 73% responden Generasi Alfa dan 68% responden Generasi Z menjawab menyukai dunia game.

Sekitar 71% responden Generasi Alfa menyukai game dengan unsur kompetitif (player vs. player/PvP), dan 68% di antaranya menyukai game multipemain yang membutuhkan kerja sama (co-op).

Baca Juga: Game EA Sports FC 25 Resmi Diumumkan, Kini Tersedia untuk Pre-Order

Sementara itu, 67% responden Gen Z lebih menyukai game dengan cerita menarik, dan 62% lebih menyukai alur cerita terbuka.

Sekarang Gen Alpha dan Gen Z sama-sama menyukai game open world, namun game favorit kedua dan ketiga mereka sangat berbeda.

Jika kamu masih asing, game open world merupakan game yang memiliki peta atau open world.

Di dunia ini, pengguna bebas melakukan perjalanan keliling dunia, membuat misi yang memungkinkan, mencoba misi sampingan, dan banyak lagi.

Contoh game open world antara lain Grand Theft Auto V (GTA V/GTA 5), Minecraft, Red Dead Redemption 2, Marvel’s Spider-Man, Cyberpunk 2077, dan The Elden Ring.

Selain game open world, Gen Z dan Gen Alpha juga menyukai game petualangan, pertarungan, menembak, battle royale, dan balap.

Sedangkan generasi milenial (lahir 1981-1994), Jend. Gen alfa dominan

Dari 73.000 orang yang disurvei, 85% merupakan penggemar olahraga (enthusiast). Penggemar game didefinisikan sebagai pengguna yang berpartisipasi dalam industri game dengan menikmati, menonton, dan mengoleksi game.

Terkait informasi, sekitar 80% responden bermain game, 64% menonton konten game, dan 35% menggunakan metode lain dalam game online, seperti bersosialisasi atau mendengarkan podcast game.

Berdasarkan usia, 96% Generasi Alfa adalah penggemar game, diikuti oleh Generasi Z (92%), Milenial (88%), Generasi X (72%), dan Baby Boomers (53%).

Sekitar 94% Generasi Alfa adalah gamer, diikuti oleh Generasi Z (92%), Milenial (85%), Generasi X (79%), dan Baby Boomers (50%).

Baca Juga: Harga Berlangganan Xbox Game Pass Meningkat Bulan Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top