Menlu China Bertemu Menteri Luar Negeri Ukraina di Guangzhou

Guangzhou, virprom.com – Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmitry Koliba di Guangzhou pada Rabu (24/7/2024).

Kantor berita pemerintah Tiongkok, Xinhua, melaporkan pertemuan tersebut tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Koliba mengatakan sehari yang lalu bahwa penting bagi Ukraina dan sekutu dekat Rusia, Tiongkok, untuk melakukan pembicaraan langsung guna mengakhiri perang di Ukraina.

Baca juga: Personil Angkatan Darat Rusia Terluka dalam Ledakan Bom Mobil di Moskow

Tiongkok menampilkan dirinya sebagai pihak netral dalam perang tersebut dan mengatakan bahwa, tidak seperti Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya, Tiongkok belum mengirimkan bantuan militer apa pun ke kedua pihak.

Namun, anggota NATO yang menjalin kerja sama “tanpa batas” dengan Moskow melihat Beijing sebagai pendukung penting dalam perang yang tidak pernah dikutuk oleh Tiongkok.

Baca juga: Peran China dalam Konflik Palestina untuk Rekonsiliasi di Hamas Fatah, Dua Sisi China dalam Upaya Rekonsiliasi di Rusia dan Ukraina Perang dan Perdamaian untuk Palestina

Koliba mengatakan, kunjungannya pada Jumat (26/7/2024) merupakan kunjungan pertama pejabat tinggi Ukraina sejak invasi Rusia pada Februari 2022.

Sementara itu, Tiongkok mengatakan hubungan bilateral dan isu-isu lain yang menjadi perhatian bersama akan dibahas dalam pembicaraan tersebut.

Baca juga: Menlu Koliba: Pembicaraan langsung dengan China diperlukan untuk menyelesaikan perang Rusia-Ukraina. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top