Forum Sandera: 2 Tawanan Israel Tewas Saat Ditahan Hamas di Gaza

TEL AVIV, virprom.com – Forum Israel untuk Keluarga Sandera dan Orang Hilang pada Senin (22 Juli 2024) mengumumkan bahwa dua tahanan Hamas di Jalur Gaza telah meninggal dunia.

Menurut forum tersebut, dua warga Israel yang tewas adalah Jagev Buchstav, 35, dan Alex Dansig, 76.

Keduanya diculik Hamas pada 7 Oktober 2023. Tentu saja, kematian kedua warga tersebut menjadi pengingat akan pentingnya membawa pulang sandera, kata forum tersebut dalam sebuah pernyataan.

Baca selengkapnya: Serangan Udara dan Tank Israel Tewaskan 26 Warga Gaza

Namun, laporan tersebut tidak memberikan informasi bagaimana mereka meninggal.

“Mayat mereka disimpan oleh organisasi Hamas,” kata militer Israel dalam pernyataan terpisah kepada AFP.

“Kematian mereka di penawanan Hamas sedang diselidiki oleh semua badan khusus,” tambahnya.

Buchstab digambarkan telah diculik dari rumah mereka di Kibbutz Nirim bersama istrinya, Rimon Buchstab-Kirsht, dan disandera selama 50 hari sebelum dibebaskan.

Lahir dari orang-orang yang selamat dari Holocaust, Dansig bekerja di Yad Vashem, Institut Internasional Peringatan Holocaust, tempat dia melatih ribuan pemandu.

Menurut para sandera yang dibawa bersamanya, Dansig memberikan ceramah sejarah kepada rekan-rekannya di penangkaran.

“Jageb dan Alex ditangkap hidup-hidup,” kata forum tersebut. “Mereka harus dipulangkan hidup-hidup ke keluarga dan negara mereka.”

“Kematian mereka di penangkaran adalah cerminan tragis dari hasil perundingan yang terhenti,” katanya, mengacu pada perundingan damai yang berlangsung selama berbulan-bulan.

Selama serangan 7 Oktober, Hamas menyandera 251 orang, 116 di antaranya masih berada di Gaza, dan 44 di antaranya dibunuh oleh tentara dan pejabat Israel.

Mengutip statistik resmi Israel, AFP menyebutkan 1.195 orang tewas dalam serangan Hamas, sebagian besar adalah warga sipil.

Baca juga: Israel Perintahkan Evakuasi Warga Gaza dari Zona Kemanusiaan

Sementara itu, serangan balasan Israel telah menewaskan sedikitnya 39.006 orang di Gaza, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil di wilayah yang dikuasai Hamas, menurut Kementerian Kesehatan. Dengarkan berita terkini dan produk rekomendasi langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top