Apakah Biji Pepaya Bisa Menurunkan Kolesterol? Berikut Penjelasannya…

virprom.com – Biji pepaya mengandung serat dan nutrisi alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Lantas, apakah biji pepaya bisa menurunkan kolesterol?

Ternyata biji pepaya mampu menurunkan kolesterol karena kandungan flavonoidnya.

Selain menurunkan kolesterol, biji pepaya juga dapat membantu tubuh melawan infeksi, melindungi fungsi ginjal, dan menurunkan risiko kanker.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai manfaat biji pepaya bagi kesehatan di bawah ini.

Baca juga: Apa Manfaat Makan Biji Pepaya? Berikut daftar 8… Bisakah Biji Pepaya Menurunkan Kolesterol?

Ternyata kandungan alami pada biji pepaya mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Menurut penelitian tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition College, mengonsumsi jus biji pepaya setiap hari selama 30 hari terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol total.

Penelitian ini menggunakan tikus yang menderita dislipidemia, atau kondisi dimana kadar lipid (lemak) dalam darah tidak normal, seperti terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Penelitian ini menemukan bahwa biji pepaya mengandung flavonoid, saponin dan tanin yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian jus pepaya dengan dosis 100 mg, 200 mg dan 400 mg dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) masing-masing sebesar 23%, 40% dan 55%.

Meskipun biji pepaya hanya digunakan untuk hewan pengerat, namun dapat dianggap sebagai obat alami untuk kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

Baca juga: Bolehkah Makan Biji Pepaya? Berikut penjelasannya… Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan

Biji pepaya tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Pasalnya, biji pepaya mengandung nutrisi dan mineral alami yang mampu menunjang kesehatan tubuh.

Menurut laporan dari Healthline, biji pepaya memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, antara lain: Melawan jamur dan parasit, termasuk patogen yang dapat menyebabkan infeksi jamur vagina dan parasit usus. Mencegah kerusakan oksidatif untuk mencegah kerusakan sel dan menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. peradangan dan mencegah perkembangan sel kanker, terutama sel kanker prostat. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan mengatasi sembelit

Meski biji pepaya membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan, namun konsumsinya tidak boleh berlebihan karena dapat berdampak buruk bagi tubuh.

Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi biji pepaya dapat menurunkan kesuburan, terutama pada pria, dan merusak sel-sel sehat di dalam tubuh.

Penting sekali untuk memahami apakah biji pepaya dapat menurunkan kolesterol sebelum mengonsumsinya secara rutin.

Namun, jangan mengonsumsi biji pepaya lebih dari satu sendok teh setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: Apakah Biji Pepaya Baik untuk Ginjal? Berikut penjelasannya… Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top