Bukan Makan Buah Kecubung, Penyebab Puluhan Orang Mabuk di Banjarmasin

virprom.com – Puluhan warga Banjarmasih, Kalimantan Selatan (Kalsel) mabuk, kemungkinan besar bukan karena makan buah kecubung.

Dr. Firdaus Yamani SpKJ(K), Psikiater Kecanduan Konsultan RSJ Sambang Lihum, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengatakan puluhan warga mabuk setelah mengonsumsi pil tanpa merek dan label.

Baca juga: Dokter: Kecubung Bukan Obat Tradisional, Melainkan Tanaman Beracun

“Iya, awalnya terpikir memakan buah kecubung karena efek yang dihasilkan mirip dengan buah kecubung,” kata Firdaus dalam media briefing, Jumat (19/7/2024).

Namun setelah diwawancarai pasien yang sadar, mereka memberikan jawaban yang sama, yaitu meminum pil putih yang tidak bermerek dan tidak berlabel, ujarnya.

Firdavs mengatakan, pil putih tersebut mereka beli dari seorang bandar narkoba yang membeli pil Carnofen atau Zenit untuk diminum.

“Biasanya mereka mengonsumsi tablet Karnofen atau Zenit,” ujarnya.

Baca juga: 8 Cara Alkohol Membuat Orang Mabuk

Dijelaskannya, Carnofen atau Zenith merupakan obat yang mengandung PCC yakni Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol.

Pil ini sebenarnya adalah obat pereda nyeri tulang, namun sebagian orang menyalahgunakannya sebagai stimulan dan obat penenang.

“Kemudian ditawarkan pil baru dari penjual pil Zenith yang sama. Ada (pasien) yang bilang pil Zenith varian baru dan ada pula yang bilang pil koplo,” ujarnya.

“Mereka mencoba karena tertarik. Ada yang minum dua, tiga, bahkan ada yang lima pil,” jelasnya.

Baca juga: 10 Gejala Orang Mabuk Alkohol yang Perlu Anda Ketahui

Namun ternyata efek pil putih tanpa merek dan tanpa label berbeda dengan efek pil Carnophen yang biasa saya rasakan.

Karena efeknya sama dengan makan buah kecubung, orang mengira sedang makan buah kecubung, jelas Persatuan Profesi Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI).

Saat ini, isi pil putih yang bermerek dan tidak berlabel sedang diselidiki BNN dan polisi.

“Karena efeknya mirip dengan buah kecubung, maka ada kemungkinan pil putih ini mengandung ekstrak kecubung. Bagaimanapun, hasil penelitian BNN dan polisi akan terkonfirmasi,” tutupnya.

Belakangan ini kecubung sempat heboh karena tersebar di media sosial karena 47 warga Banjarmasin mabuk, efeknya seperti makan buah hijau tersebut. 

Tak lama kemudian, warga tersebut datang ke Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan untuk menjalani pemeriksaan. 

Baca juga: 10 Cara Praktis Mencegah Mabuk Perjalanan Simak berita yang perlu Anda ketahui dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top