12 Penyebab Gigi Ngilu Saat Makan dan Cara Mengatasinya

virprom.com – Gigi yang sakit saat makan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman yang mengganggu.

Gigi yang sakit tidak bisa disebabkan oleh gigi berlubang saja. Banyak kondisi lain yang dapat menyebabkan rasa sakit saat makan, seperti infeksi gusi, kerusakan gigi, dan pertumbuhan gigi.

Hal ini dapat diobati dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, menghindari makanan yang sangat panas atau sangat dingin, dan menggunakan pasta gigi pada gigi yang sakit.

Untuk lebih jelasnya, simak di bawah ini beberapa penyebab sakit gigi saat makan dan cara mengatasinya.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dengan Cepat, Termasuk Penyebab Gigi Sakit Saat Makan

Gigi sakit saat makan tidak hanya disebabkan oleh gigi berlubang saja, sebab ada kondisi lain yang bisa berdampak buruk pada kesehatan gigi.

Menurut Health Report, ada beberapa penyebab yang menyebabkan sakit gigi saat mengonsumsi makanan, seperti: – Gigi berlubang atau gigi yang dapat merusak lapisan luar gigi, mengekspos saraf pada gigi dan menimbulkan rasa sakit jika digunakan untuk mengunyah. Tambalan gigi lepas dan meninggalkan gigi serta menimbulkan rasa sakit ketika sisa-sisa makanan membusuk dan terbentuk nanah di sepanjang garis gusi sehingga menyebabkan infeksi dan sakit gigi. Saat bergerak dan saat digunakan untuk mengunyah, kerusakan pada gigi menyebabkan rasa sakit atau peradangan dan akibatnya meningkatkan tekanan yang menyebabkan rasa sakit saat mengunyah, terutama bila muncul di tempat yang buruk atau jika tidak cukup. Terletak di sendi temporomandibular (TMJ), nyeri rahang yang terasa seperti sakit gigi terjadi ketika terjadi peradangan atau pembengkakan pada jaringan pelapis sinus atau dinding sinus sehingga menimbulkan tekanan ekstra pada gigi atas. Resesi gusi, dimana gusi menyusut menjauhi gigi, membuat gigi terbuka dan rentan nyeri, termasuk saat mengunyah makanan. atau bruxism, yang dapat menyebabkan sakit gigi dan gigi bergemeretak saat tidur. Prosedur perawatan gigi tertentu dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan sakit gigi di kemudian hari.

Gigi yang sakit saat makan merupakan gejala umum gigi berlubang.

Namun masalah kesehatan lainnya, termasuk infeksi dan peradangan, juga bisa menyebabkan sakit gigi saat mengunyah makanan.

Baca juga: Apa Manfaat Rutin Gosok Gigi? Berikut daftar 6…cara mengatasi gigi sakit saat makan

Rasa sakit saat makan memang sangat mengganggu dan tidak nyaman.

Selain perawatan dan pengobatan medis, ada banyak pengobatan gratis yang mencoba mengurangi rasa sakit yang terjadi.

Menurut laporan dari WebMD, Anda bisa mencoba pereda nyeri saat makan, seperti: Mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen. Hindari mengonsumsi makanan yang sangat panas atau dingin karena dapat memperparah nyeri. . Wol direndam dalam minyak cengkeh, pijat lembut gigi dengan pasta gigi khusus

Jika sakit gigi tidak kunjung membaik dalam waktu seminggu atau disertai gejala lain seperti gusi bengkak, maka perlu penanganan segera.

Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab gigi Anda sakit saat makan sehingga Anda dapat mendapat penanganan dan perawatan yang tepat.

Hindari melakukan diagnosa diri dan mengonsumsi obat-obatan yang tidak terbukti secara medis karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Baca juga: 8 Penyebab Sakit Gigi, Gigi Berlubang dan Sembelit Dengarkan berita dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top