Ada Pabrik Sel Baterai, Industri EV Indonesia Menang di ASEAN

JAKARTA, virprom.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meyakini kehadiran pabrik sel baterai terintegrasi pertama di Indonesia yang dioperasikan oleh PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power akan meningkatkan daya saing Tanah Air di pasar global, khususnya di ASEAN.

Pasalnya, pabrik yang berlokasi di kawasan Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat ini turut andil dalam proses transfer energi dari bahan mentah hingga produk jadi otomotif.

“Kita bisa memenangkan persaingan dengan negara lain karena tambangnya ada di sini. Nikel, bauksit, tembaga, smelter, bahkan katoda dan prekursornya juga ada di sini,” kata Presiden saat membuka ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia, Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024).

Baca juga: Jokowi Buka Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia

“Dengan baterai kendaraan listrik (EV), ada juga pabrik mobil yang terintegrasi dengan sistem di sini. Siapa yang bisa menghentikan kita ketika kondisi sekompetitif ini?” lanjut Jokowi.

“Ini merupakan pabrik sel baterai kendaraan listrik pertama dan terbesar di Asia Tenggara (ASEAN),” ujarnya lagi.

Pada kesempatan serupa, Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan, total investasi Hyundai di Indonesia untuk integrasi kendaraan listrik mencapai sekitar US$11-12 miliar.

Dari investasi tersebut, US$9,8 miliar itu. dolar atau setara Rp 142 triliun merupakan pabrik integrasi pengolahan baterai kendaraan listrik. Saat ini, sel baterai yang terhubung mencakup US$3,2 miliar.

Baca Juga: Saat Mengendarai Yamaha NMAX Turbo, Pengendara Harus Beradaptasi

“Jadi kalau ditambah dengan pabrik mobil mencapai US$11-12 miliar (setara Rp 20 triliun),” kata Bhalil.

“Indonesia adalah negara pertama yang melakukan hal ini karena berinvestasi mulai dari pengadaan hingga produk otomotif. Hari ini menandai babak baru di mana kita bersama-sama menyaksikan proses pembukaan pabrik baterai otomotif terintegrasi,” tambahnya.

Dengan kondisi tersebut, Hyundai menjadi pabrikan pertama di Indonesia dan ASEAN yang mengintegrasikan ekosistem EV. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top