Profil Fathur Gustafian, Jalan Takdir Tuhan Tembus Olimpiade Paris 2024

virprom.com – Atlet menembak Indonesia Fator Gustafian mendapat izin Tuhan untuk ikut berpartisipasi dan berjuang membawa nama Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Fator Gustafian meraih tiket Olimpiade 2024 pada Asian Rifle/Pistol Championships 2024 atau Asian Championships 2024 yang digelar di Senyan Range, Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Paturi mendapatkan tiket Olimpiade setelah finis keempat di nomor senapan 10 meter dengan 208,3 poin. 

Penembak Tiongkok Shihan Ma meraih medali emas dengan 230,2 poin, sedangkan atlet Korea Selatan Cho Dahan meraih perak dengan 229,9 poin. 

Rudranksh B Patil (India) meraih medali perunggu dengan 228,7 poin.

Baca Juga: Profil Rahmad Adi Moliono, Keputusan Serbia Impikan Emas Olimpiade

Hanya tersedia dua kuota untuk nomor lari 10m putra Olimpiade Paris 2024. Kuota tersebut diperuntukkan bagi peraih medali emas dan perak. 

Namun, dua tiket Olimpiade ke Kejuaraan Asia akhirnya diberikan kepada Chou dan Fator Gustafian karena China dan India mendapat kuota atlet maksimal untuk Olimpiade Paris.

Negeri Tirai Bambu sudah memiliki dua atletnya di Paris, yakni Sheng Lihao (Kejuaraan Dunia Senapan dan Pistol 2022) dan Yang Ouran (Kejuaraan Dunia 2023). 

Begitu pula dengan India yang menurunkan dua atletnya yakni Rudranksh Patil (Kejuaraan Fife dan Pistol Dunia 2022) dan Arjun Babota (Kejuaraan Asia 2023).

Untuk itu, menanggapi keberhasilan perolehan tiket Olimpiade 2024, Fator Gustafyan menilai hal itu merupakan jalan atau anugerah dari Tuhan.

Baca juga: Nasehat dan Pengingat Obi-Bot kepada Rynov/Pytha untuk Olimpiade Paris 2024

“Hari ini bisa jadi harinya. Tiket ini datangnya dari Tuhan, pemberi rezeki dari Tuhan. Tuhan memberi saya jalan untuk mencapai Olimpiade, itu adalah impian saya,” kata Fator seperti dikutip Kompas.id.

Bagi Faturi, ini kali pertama ia lolos ke Olimpiade. 

Ia pun mengakui dan berterima kasih kepada orang-orang yang membantunya mendapatkan tiket Olimpiade.

Terima kasih atas dukungannya. Saya senang karena saya punya banyak support system, mulai dari federasi, istri dan anak, orang tua, teman-teman, ”ujarnya.

Baca juga: Dibalik Kesuksesan Pator Gustafian Raih Medali Emas SEA Games 2021

Perjalanan karir Paturi diawali pada Kejuaraan Menembak Nasional 2014 dengan menjuarai PON Junior dan kemudian berlanjut ke PON Senior 2016 dengan meraih satu emas individu pada nomor 10m Air Rifle.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top