Samsung Galaxy Z Flip 6 Punya Pendingin Vapor Chamber, Apa Itu?

virprom.com – Tampilan ponsel lipat terbaru Samsung, Galaxy Z Flip 6, bisa dikatakan tidak banyak berubah dibandingkan model sebelumnya. Namun di bodi belakang terdapat beberapa peningkatan spesifikasi seperti kamera utama yang kini beresolusi 50 MP.

Mesinnya juga telah ditingkatkan menjadi Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3. Tak seperti biasanya, system-on-chip tersebut dihubungkan dengan pendingin yang biasa terdapat pada ponsel kelas atas, namun tidak pernah hadir pada smartphone seri Galaxy Z Flip. yaitu ruang uap Baca juga: Pertama kali Samsung Galaxy Z Flip 6 mendukung RAW Expert

Samsung sebenarnya pertama kali mengimplementasikan ruang uap di lini Galaxy Z Flip pada Galaxy Z Flip 6. Bahkan disebut-sebut berukuran 1,5 kali lebih besar dibandingkan perangkat serupa di ponsel andalan Samsung Galaxy S23 Ultra. Apa itu ruang uap?

Ruang uap adalah pendingin yang bekerja berdasarkan prinsip perpindahan panas, mirip dengan pipa panas, yang banyak digunakan pada laptop modern dan pendingin udara komputer.

Panas dari sumber (SoC) diserap oleh cairan khusus, yang kemudian berubah menjadi uap (vapor) dan berpindah ke lokasi yang diinginkan, dimana asap kembali menjadi cair (densitas) setelah suhu dilepaskan dan dikembalikan ke panas. sumber. , untuk mengulangi siklus transisi.

Berbeda dengan heat pipe yang secara fisik menggunakan tabung berbentuk silinder atau pipih, steam room berbentuk planar (datar) dan mengeluarkan panas secara dua dimensi melalui salah satu permukaannya yang berhadapan dengan sumber panas.

Prinsip pengoperasian ruang uap sama dengan pipa panas. Namun cairan dan uap tidak disalurkan dari sumber panas ke zona kondensasi dingin dan sebaliknya, melainkan diam di satu tempat (ruangan).

Cairan yang terkondensasi dipindahkan kembali ke sumber panas melalui mekanisme kapiler untuk mengulangi siklus perpindahan suhu.

Karena bentuknya yang datar, seluruh penampang ruang uap—termasuk ruang kosong internal untuk menampung proses penguapan dan kondensasi—dapat dimasukkan ke dalam satu pelat tipis.

Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa kamera vapor bisa diaplikasikan pada perangkat kecil seperti smartphone. Mengapa menggunakan Ruang Steam?

Lantas kenapa Samsung pertama kali menerapkan kamera vapor di Galaxy Z Flip 6? Pasalnya, seperti dihimpun KompasTekno SamMobile, Senin (15/7/2024), sepertinya terkait penggunaan Snapdragon 8 Gen 3.

Baca juga: Perbedaan Istimewa Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Flip 6

Chip ini memiliki performa CPU dan GPU yang mumpuni, namun juga performa tinggi, yang dapat mengakibatkan performa lebih rendah jika suhu tidak diturunkan secara efektif.

Dengan menerapkan ruang katup yang besar, seharusnya Galaxy Z Flip 6 mampu menjaga konsistensi performa tanpa cepat melambat akibat panas berlebih.

Strategi serupa juga diterapkan Samsung pada seri ponsel andalan Galaxy S24 2024, di mana ketiga model tersebut memiliki ruang katup yang lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Dengan ruang uap yang lebih besar, Samsung mengklaim ponsel Galaxy S24 besutannya mampu mempertahankan performa tinggi lebih lama.

Baca juga: Video: Test Samsung Galaxy Z Flip 6, Lebih Menarik dan Bertenaga

Mengenai seri Galaxy Z Flip, dari pembongkaran yang dilakukan oleh channel YouTube JerryRigEverything, diketahui model sebelumnya memiliki pendingin berupa pelat grafit atau tembaga.

Kamera vapor di Galaxy Z Flip 6 seharusnya lebih mumpuni. Namun tentunya performa peredam panasnya baru akan diketahui secara pasti setelah perangkat ini sampai ke tangan pengguna dan reviewer perangkat. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top