Cara Cek PC Kita Pakai Crowdstrike atau Tidak, yang Bikin Windows “Blue Screen”

virprom.com – Jutaan PC Windows di seluruh dunia mengalami Blue Screen of Death (BSoD) pada Jumat (20/7/2024) lalu.

Dampaknya, berbagai layanan publik seperti layanan perbankan, bandara, dan maskapai penerbangan di beberapa negara terhenti.

Kesalahan layar biru pada PC Windows ini disebabkan oleh “kerusakan” pada kesalahan pemrograman pada pembaruan sistem keamanan Crowdstrike Falcon yang digunakan pada OS Microsoft Windows.

Baca Juga: Microsoft Bagikan Cara Mengatasi Windows Blue Screen Error Akibat CrowdStrike

Untuk mengetahui apakah PC/PC Anda menggunakan Crowdstrike Falcon sebagai sistem keamanan endpoint, ikuti langkah-langkah berikut: 1 Periksa detektor Falcon: Buka Task Manager (Ctrl + Shift + Esc). Buka tab Tindakan. Cari proses bernama ‘CSFalconService.exe’. Ini adalah detektor CrowdStrike Falcon. 2. Periksa program yang diinstal: Panel Kontrol. Buka Aplikasi > Aplikasi dan Fitur. Cari entri CrowdStrike Falcon Sensor. 3. Ikon baki sistem (system tray) Lihatlah system tray (pojok kanan bawah layar). Anda dapat melihat ikon CrowdStrike Falcon di sana.

4. Periksa Layanan Windows: Buka jendela Run (Win + R), ketik ‘services.msc’ dan tekan Enter. Di jendela Layanan, cari layanan bernama ‘CSFalconService’. 5. Periksa baris perintah: Buka Command Prompt atau PowerShell. Ketik ‘sc query CSFalconService’ dan tekan Enter.

Perintah ini memeriksa status layanan CrowdStrike.

Jika Anda menemukan salah satu indikator ini, CrowdStrike Falcon sudah terinstal dan berjalan di komputer Anda.

Baca Juga: Penyebab Blue Screen PC Windows Ditemukan, Perbaikan Dilanjutkan Cara Mengatasi Blue Screen CrowdStrike

PC Windows yang mengalami BSoD karena pembaruan CrowdStrike tidak dapat mengakses sistem operasi secara normal. Oleh karena itu perbaikan sebaiknya dilakukan pada Safe Mode.

Cara masuk Safemode adalah dengan menahan tombol F8 hingga muncul logo Windows.

Beberapa perangkat produsen mungkin memiliki metodenya sendiri, yang dapat ditemukan di dokumentasi masing-masing vendor.

Setelah berada dalam mode aman, ikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini oleh tim teknik CrowdStrike di Reddit. Buka foldernya C:WindowsSystem32driversCrowdStrike. Nyalakan kembali komputer Anda Lihat berita dan pembaruan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top