Diogo Costa Catat Sejarah di Euro 2024, Ungkap Kunci Setop 3 Penalti

virprom.com – Penjaga gawang timnas Portugal Diogo Costa mengikuti nalurinya saat mencetak tiga gol di kotak penalti pada pertandingan babak 16 besar Euro 2024 Portugal melawan Slovenia.

Portugal lolos ke perempat final setelah mengalahkan Slovenia 3-0 melalui adu penalti.

Dari waktu reguler hingga perpanjangan waktu, kedua tim bermain 0-0.

Laga Portugal vs Slovenia berlangsung pada Senin (1 Juli 2024) atau Selasa (2 Juli 2024) dini hari WIB di Frankfurt Arena, Jerman.

Portugal dan Slovenia berpeluang memimpin di perpanjangan waktu.

Striker Portugal Cristiano Ronaldo berpeluang membawa timnya unggul melalui penalti di babak pertama perpanjangan waktu.

Namun penalti Ronaldo pada menit ke-105 berhasil diselamatkan kiper Slovenia Jan Oblak.

Baca juga: Saat Ronaldo Pimpin dan Portugal Ambil Pelajaran di Euro 2024…

Kemudian Benjamin Sesko nyaris membobol gawang Portugal pada menit ke-114.

Sesko yang berhasil mencuri bola dari Pepe mampu berhadapan satu lawan satu dengan Diogo Costa.

Namun, Diogo Costa mampu menepis sepakan penyerang asal Slovenia tersebut.

“Saat saya menepis Sesko di perpanjangan waktu, saya pikir saya harus melakukannya. Saya membaca bahasa tubuhnya dan mampu membantu tim,” kata Costa.

Keberhasilan Costa memblok tembakan Sesko di perpanjangan waktu menjadi motivasinya untuk bisa membaca bahasa tubuh pemain Slovenia saat adu penalti.

Kemenangan adu penalti Portugal diraih setelah Diogo Costa mencetak tiga gol dan tiga algojo tim, Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, dan Bernardo Silva sukses menyelesaikan tugasnya. 

“Kali ini saya melakukannya secara berbeda. Saya mengikuti insting saya, saya pikir itu adalah keputusan terbaik dan itu adalah keputusan terbaik, jadi saya sangat senang bisa membantu tim, itu yang terpenting,” ujar Diogo Costa, seperti dikutip Euro Page. .

Baca juga: Hasil Euro 2024: Prancis terbantu dengan gol bunuh diri, Portugal menang adu penalti

Diogo Costa adalah penjaga gawang pertama dalam sejarah Kejuaraan Eropa yang melakukan penyelamatan tiga kali dalam adu penalti.

Portugal selanjutnya akan menghadapi Prancis di perempatfinal Euro 2024.

Laga Portugal vs Prancis akan berlangsung pada Jumat (5 Juli 2024) atau Sabtu (6 Juli 2024) dini hari WIB di Volksparkstadion Hamburg.

Prancis menghentikan perlawanan Belgia 1-0 dan mengamankan satu tempat di babak 16 besar Piala Eropa 2024.

Kemenangan Prancis atas Belgia dipastikan melalui gol bunuh diri Jan Vertonghen pada menit ke-85. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top