Microsoft Pamer SpreadsheetLLM, AI untuk Mudahkan Akuntan dan Analis Data

virprom.com – Peneliti Microsoft telah meluncurkan prototipe SpreadsheetLLM, model kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk spreadsheet, spreadsheet yang sering digunakan untuk membuat, memproses, dan menganalisis data, seperti Microsoft Excel.

Oleh karena itu, model AI ini kemungkinan besar cocok untuk akuntan dan analis data. SpreadsheetLLM merupakan terobosan terbaru penerapan AI untuk perusahaan atau perusahaan.

Model AI ini pertama kali dipublikasikan di situs arXiv dalam format PDF dengan judul “SpreadsheetLLM: Adaptive Spreadsheets for Large Language Models”, yang dapat diakses pada tautan berikut.

SpreadsheetLLM menggabungkan kemampuan Model Bahasa Besar (LLM) dengan struktur data kompleks yang ditemukan di spreadsheet.

Baca Juga: Microsoft Ingatkan Pengguna Windows 11 Segera Update OS, Ada Apa?

“SpreadsheetLLM adalah cara untuk menyandikan konten spreadsheet dalam format yang berfungsi dengan LLM, dan memungkinkan model ini menganalisis konten spreadsheet,” tulis peneliti Microsoft dalam makalahnya.

Menurut peneliti Microsoft, alat AI untuk bidang ini perlu ditingkatkan. Karena dalam dunia bisnis, spreadsheet digunakan dalam banyak tugas, mulai dari entri data, analisis data sederhana hingga pemodelan keuangan dan pengambilan keputusan yang kompleks.

Mereka menilai model bahasa yang ada saat ini juga mempersulit pemahaman dan analisis isi spreadsheet karena sifat data yang terstruktur, serta adanya serangkaian rumus untuk mengolah data.

Jadi SpreadsheetLLM hadir untuk menjembatani kesenjangan ini. SpreadsheetLLM menggunakan skema pengkodean baru yang dapat menangani struktur data dan hubungan antar lembar kerja. Kualifikasi setelah LLM

Potensi penerapan SpreadsheetLLM sangat luas. Mulailah menganalisis data secara rutin untuk memberikan rekomendasi dan wawasan berdasarkan data spreadsheet.

Model AI ini juga dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang data dan bahkan menghasilkan lembar kerja spreadsheet baru.

Namun, tujuan utama model AI ini adalah membuat data spreadsheet mudah dibuat dan dipahami oleh banyak pengguna.

Oleh karena itu, pengolahan data di Excel dan cara membaca datanya memerlukan keahlian khusus. Salah satu masalah umum yang dihadapi pengguna adalah perlunya banyak rumus Excel untuk mengolah data.

Baca juga: Cara Mengubah Nilai Angka Menjadi Huruf di Microsoft Excel

Nah, dengan kemampuan pemrosesan bahasa alami, pengguna dapat membuat kueri teks atau bahasa sederhana yang mudah dijalankan daripada menggunakan rumus Excel yang rumit.

Hal ini dapat mendemokratisasi akses terhadap intelijen data dan memberdayakan lebih banyak sumber daya manusia (SDM) dalam suatu organisasi untuk mengambil keputusan berdasarkan data.

Selain itu, SpreadsheetLLM juga dapat mengotomatiskan tugas-tugas kecil khas Excel, seperti menghapus data yang tidak diperlukan, menghitung data atau angka, membuat ringkasan, dll.

Dengan begitu, pengolahan data akan lebih efisien baik dari segi waktu maupun tenaga, seperti dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Kamis (18/2024).

Karena ini masih sebatas desain, Microsoft belum mengumumkan kapan SpreadsheetLLM akan berintegrasi dengan perangkat lunak pengolah datanya, Microsoft Excel, atau spreadsheet sejenis lainnya.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top