Atlet Australia Amputasi Bagian Jari demi Tampil di Olimpiade 2024

virprom.com – Atlet hoki Australia Matthew (Matt) Dawson memotong cincin bagian atas tangan kanannya untuk mengikuti Olimpiade Paris 2024. 

Australia telah meloloskan 460 atlet dari 33 cabang olahraga ke Olimpiade Paris 2024 yang digelar 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. 

Salah satu wakil Negeri Kanguru adalah Matthew Dawson yang bermain untuk tim hoki putra Australia. Ini adalah Olimpiade ketiga bagi pemain berusia 30 tahun itu.

Dawson sebelumnya bermain untuk Kookaburras, julukan tim hoki putra Australia, tampil di Olimpiade Rio 2016 dan meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: Tim Argentina di Olimpiade Paris, Bersama Pahlawan JIS dan Dua Anak Legendaris

Namun, Dawson mengalami patah cincin di tangan kanannya menjelang Olimpiade Paris yang membuatnya ragu. 

Kondisi tersebut tidak melemahkan Dawson. Dia mengambil keputusan sulit dengan mengamputasi bagian atas jari manisnya daripada menggunakan gips agar dia tetap bisa bermain untuk Australia. 

“Saya mengambil keputusan yang tepat dengan dokter bedah plastik saat itu, tidak hanya untuk kesempatan bermain di Paris, tapi juga seumur hidup saya,” kata Dawson kepada 7NEWS seperti dikutip dari situs Olympic. 

“Pilihan terbaik bagi saya adalah mengambil tanggung jawab. Ini adalah perubahan kecil saat ini dan menurut saya merupakan tantangan yang menarik,” katanya. 

Baca Juga: Update Olimpiade Paris 2024, Pelajaran Fajar/Rian dari Sparring Minion-The Daddies

Dawson berharap tidak butuh waktu lama untuk pulih sepenuhnya. 

“Saya tidak punya banyak waktu untuk mengambil keputusan. Saya memilih dan saya menelepon istri saya,” ujarnya. 

“Dia berkata, ‘Saya tidak ingin membuat keputusan gegabah. Namun saya memiliki semua informasi yang Anda perlukan untuk mengambil keputusan,” kata Dawson. 

“Bukan untuk Paris, tapi untuk kehidupan selanjutnya. Saya harap tidak butuh waktu lama bagi saya untuk kembali bugar,” ujarnya. 

Baca Juga: Rajiah Alami Cedera Punggung Jelang Olimpiade, Atlet Kelas Dunia Berjuang

Keputusan Dawson mendapat pujian dari pelatih tim hoki putra Australia Colin Batch. 

“Dawson kembali berlatih. Dia jelas menetapkan standar tinggi bagi siapa pun yang mengalami patah jari di masa depan, tapi penghargaan untuk Matt,” katanya. 

“Dia telah membuat keputusan ini dan jelas berkomitmen untuk bermain di Paris,” kata Colin Batch. 

Ini bukan kali pertama Matthew Dawson mengalami cedera serius. Dia hampir kehilangan matanya setelah dipukul dengan tongkat hoki enam tahun lalu. 

Matthew Dawson dkk akan memulai perjuangannya di Olimpiade Paris 2024 melawan Argentina pada 27 Juli 2024. Simak berita terhangat dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top