Optimalkan Sinyal WiFi di Rumah dengan Penempatan yang Benar

virprom.com – Kelancaran komunikasi di Internet ibarat kehidupan di era digital. Bekerja, belajar, dan hiburan semuanya bergantung pada koneksi internet yang stabil.

Namun tahukah Anda kalau penempatan router WiFi bisa mempengaruhi kualitas sinyal internet di rumah Anda?

Tanpa disadari, router WiFi seringkali dipasang sembarangan. Di pojok ruangan misalnya, atau di balik tumpukan buku. Padahal, penempatan perangkat sangat penting untuk memastikan sinyal internet konsisten di seluruh rumah.

Sebelum Anda memikirkan tentang pemasangan, ada baiknya Anda memastikan bahwa semua kabel dan port Ethernet router Anda terpasang dengan benar dan tidak kendor.

Selanjutnya letakkan router pada posisi terbuka dan tinggi. Hal ini dilakukan untuk memastikan sinyal dapat tersebar dengan baik tanpa terhalang oleh benda, termasuk kaca kursi.

Menurut situs race.com, sinyal Wi-Fi tidak dapat menembus jendela, kaca spion, dan kaca spion. Hal ini karena materialnya terdiri dari lapisan logam tipis yang memantulkan gelombang radio, bukan mentransmisikannya.

Hal ini menyebabkan gangguan dan membuat sinyal yang diterima router menjadi lemah. Sulit bagi perangkat elektronik di sekitar router untuk terhubung ke Internet.

Selain produk kaca, coba letakkan router di dekat perangkat elektronik lain yang memancarkan gelombang radio. Misalnya oven microwave atau telepon nirkabel karena dapat mengganggu sinyal WiFi.

Selanjutnya, penting untuk menjauhkan router dari risiko kebakaran dan cipratan air demi keamanan dan daya tahan perangkat. Selain itu, hindari menempatkan router bersama benda lain yang dapat membatasi ventilasi dan menyebabkan panas berlebih.

Jika rumah Anda cukup besar atau memiliki beberapa lantai, pertimbangkan untuk menggunakan jaringan Wi-Fi.

Untuk lebih jelasnya, WiFi mesh merupakan jaringan nirkabel yang terdiri dari beberapa perangkat (node) yang bekerja sama membentuk satu jaringan WiFi yang besar dan stabil.

Tidak seperti router tradisional, yang hanya memiliki satu perangkat dan ditempatkan di satu tempat, Anda dapat menempatkan beberapa node mesh di tempat berbeda di sekitar rumah Anda. Perangkat-perangkat ini terhubung satu sama lain dan bekerja sama untuk memberikan sinyal WiFi yang kuat dan konsisten.

Dengan WiFi mesh tidak ada zona mati WiFi di rumah Anda. Sinyal WiFi selalu kuat dan stabil, baik di ruang tamu, kamar tidur, taman, atau mobil. Pilih untuk menggunakan Internet dengan benar

Selain pemasangan router, penting juga untuk memilih paket Internet yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

Sebagai salah satu penyedia internet terkemuka di Indonesia, XL menawarkan solusi lengkap untuk kebutuhan internet Anda, XL SATA.

Layanan ini menyediakan layanan Internet fixed broadband melalui kabel serat optik yang terhubung langsung ke rumah pelanggan dengan kecepatan hingga 1 Gbps dan jangkauan seluler rumah, semuanya dalam satu tagihan.

Dengan cara ini, Anda dapat menikmati koneksi Internet berkecepatan tinggi dan stabil, cocok untuk aktivitas digital sehari-hari, seperti browsing, mendownload, rapat video, atau webinar.

Mengingat kebutuhan Internet juga penting di luar rumah, XL SATA menawarkan bonus untuk ponsel keluarga berbayar hingga 300 GB. Bonus ini dapat dibagikan hingga lima anggota keluarga untuk akses internet seluler. Jadi Anda dan keluarga tidak perlu khawatir dengan akhir sesi.

Oleh karena itu, XL STU tidak hanya memenuhi kebutuhan internet Anda di rumah tetapi juga saat bepergian.

XL SATU terdiri dari tiga paket yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu Value, Smart, dan Family.

Jika aktivitas online Anda di rumah hanya sebatas browsing dan streaming, paket Value sudah lebih dari cukup. Pasalnya, paket ini menawarkan kecepatan 75 Mbps dan family share sebesar 8 GB.

Sedangkan bagi Anda yang menginginkan koneksi cepat untuk video conference, game online dengan kualitas gambar HD dan streaming 4K, paket Smart adalah pilihan yang tepat. Pasalnya paket ini menawarkan kecepatan 100Mbps dan porsi 15GB untuk keluarga.

Untuk berbagai aktivitas Internet dengan kebutuhan Internet tinggi, paket Family dilengkapi dengan kecepatan 150 Mbit/s dan family share sebesar 25 GB.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti saat memasang router WiFi agar sinyal internet merata ke seluruh sudut rumah. Selain itu, pastikan Anda memilih penyedia layanan internet yang tepat.

Dengan beragam pilihan paket yang ditawarkan, XL SATA memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk segala kebutuhan internet dan kebutuhan internet Anda, XL SATA memastikan semua anggota keluarga dapat menikmati koneksi internet yang cepat dan stabil di dalam atau di luar rumah.

Untuk mengetahui lebih lanjut harga dan promosi paket XL STU Anda dapat mengunjungi website https://satu.xl.co.id/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top