Studi Meta: Pasang Iklan di Induk Perusahaan Facebook Lebih Menguntungkan

SINGAPURA, virprom.com – Meta, perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram, bersama perusahaan riset pasar dan perilaku konsumen Kantar, merilis studi terbarunya bertajuk “Meningkatkan Efektivitas Iklan di Asia Tenggara”.

Direktur GBG Marketing Science Southeast Asia (SEA) Metta Kishore Parthasarathy mengatakan penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana merek barang konsumen (CPG) menggunakan Metta untuk meningkatkan keuntungan iklan mereka di pasar Asia Tenggara.

“Dalam studi Kantar ini, kita dapat melihat bagaimana merek dapat mengukur strategi pemasaran dan manfaat dari berbagai aspek media sosial dan perilaku pengguna online,” kata Kishore pada acara Southeast Asia Press Day yang diadakan di kantor Meta in Southeast Asia di Singapura. dan CompassTechno hadir, Selasa (7 September 2024).

Salah satu kesimpulan yang diambil dari penelitian ini adalah merek setuju bahwa platform Meta membuat pembelanjaan iklan mereka “laba atas investasi” (return on ad pembelanjaan) hingga 1,8x.

Angka ini lebih tinggi dibandingkan pendapatan belanja iklan di konten digital lainnya, yaitu sekitar 1,2 kali lipat, atau media tradisional seperti TV, yang pendapatan belanja iklannya hampir 1,1 kali lipat.

Dengan kata lain, beriklan di platform Meta lebih menguntungkan dibandingkan platform lainnya.

Baca juga: Google, Meta dan Nvidia memperingatkan dampak negatif kecerdasan buatan terhadap bisnis

“Meta adalah platform paling efektif untuk mendorong penjualan offline dan online suatu produk CPG dan dapat membuat laba atas investasi merek hampir dua kali lipat dibandingkan media lainnya,” kata Regional Account Director Worldpanel Kantar Windy Angayasti dalam acara tersebut.

Selain profitabilitas belanja iklan yang tinggi, platform Meta juga diklaim paling bisa diandalkan untuk “meyakinkan” konsumen membeli produk yang diiklankan.

Biasanya, aktivitas seperti itu diukur dari tingkat konversi, dan tingkat konversi platform Meta dikatakan paling tinggi dibandingkan platform lain, yakni mencapai 22 persen.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa platform Meta telah membantu merek CPG meningkatkan jangkauan (akses) konsumen hingga 59 persen, serta mengurangi biaya (cost) untuk memperoleh pelanggan baru.

Dalam riset Kantar, biaya pemasaran untuk mendapatkan pelanggan baru di platform Meta adalah sekitar US$3,90 (sekitar Rp 63.000) per pelanggan baru, lebih murah dibandingkan platform digital lainnya (US$7,50, sekitar Rp 122.000) dan TV (US$8,80,). sekitar Rp 144.000).

Riset ini juga menunjukkan bahwa Generasi Z (Generasi Z) dan generasi milenial menyumbang hingga 44 persen penjualan di saluran digital, lebih tinggi dibandingkan platform atau TV lain, tambah Windy. Metode penelitian

Sekadar informasi, Studi Promosi Iklan Asia Tenggara Metta dan Kantar mensurvei 10 merek CPG yang menjual produknya di Thailand, Filipina, Indonesia, dan Vietnam.

Penelitian yang dilakukan pada tahun ini (2022-2023) menyelidiki jumlah kampanye iklan yang dilakukan oleh brand dalam 3-12 bulan terakhir.

Baca Juga: Apakah Instagram Siapkan Iklan Agar Tidak Dilewatkan?

Meta dan Kantar tidak merinci merek dan platform Meta mana yang memberikan kontribusi paling besar terhadap profitabilitas berbagai merek CPG yang disurvei, atau pasar atau negara mana yang paling menguntungkan bagi merek-merek tersebut.

“Kami tidak memiliki data spesifik untuk beberapa pasar Asia Tenggara (seperti Indonesia), atau platform Meta mana yang paling menguntungkan bagi bisnis dalam riset kami,” tutup Vidia.

Laporan bersama Meta dan Kantar bertajuk Memaksimalkan Efektivitas Periklanan di Asia Tenggara dapat dibaca selengkapnya di tautan berikut. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top