Teknologi Radar Mobil yang Bisa Hilangkan Blind Spot

 

Jakarta, virprom.com – Sebagai pameran industri otomotif terbesar di Asia Tenggara, INAPA 2023 menghadirkan banyak pemasok dan produsen kendaraan yang menghadirkan beragam teknologi terkini.

Teknologi unik yang hadir adalah radar mobil bernama Line Assist yang diklaim mampu menghilangkan titik buta mobil. Teknologi ini dibawa oleh produsen sensor otomotif Steelmate asal Guangzhou, China.

Seperti namanya, lini radar Steelmate membantu fungsi peringatan untuk membantu pengemudi dan meningkatkan keselamatan saat berkendara.

Will Zhang, manajer penjualan Steelmate, menjelaskan sensor jenis ini biasanya hanya terdapat pada mobil mewah, misalnya Drive Pilot pada Mercedes-Benz S-Class.

Baca juga: Jasa Pengurusan Mobil untuk Service, Cocok untuk Masyarakat Magyar

 

Berkat teknologi sensor kami, semua mobil di semua lini bisa memiliki fitur keselamatan yang sama dengan mobil kelas atas, ujarnya kepada virprom.com, Rabu (24/5/2023).

Zhang menjelaskan Line Assist Radar akan memiliki 3 fungsi utama yaitu deteksi titik buta, bantuan menyalip, dan bantuan pergantian jalur.

Salah satu fitur yang sangat diunggulkan SteelMate adalah Blind Spot Detection yang sesuai dengan namanya mampu bekerja secara real-time untuk mendeteksi potensi ancaman di titik buta tersebut.

Masalahnya adalah bagaimana menyikapinya agar berkendara menjadi aman. Kami menyikapinya dengan merilis produk ini, ujarnya.

Baca juga: Kementerian Perhubungan harus menjadikan angkutan umum listrik pada tahun 2045

Radar pendeteksi titik buta ini diklaim memiliki jangkauan 10 meter dan mencakup seluruh sisi mobil yakni 360 derajat. Cara kerja: Sensor memberikan sinyal peringatan kepada pengemudi jika terdeteksi adanya hambatan di area titik buta.

Secara spesifik, Zhang mengklaim sensor tersebut dapat membedakan objek organik dan anorganik, misalnya hewan dan rintangan.

“Suara yang dihasilkan berbeda-beda, sehingga pengemudi selalu bisa waspada dan mengetahui apa yang ada di titik buta,” ujarnya.

Soal harga, Zhang menjelaskan pihaknya belum merilis banderol harga resminya untuk pasar Indonesia. Ini mungkin akan muncul suatu saat nanti. Dengarkan pilihan berita terkini dan berita utama kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top