Komandan Jamaa Islamiya Lebanon Tewas dalam Serangan Israel

Beirut, virprom.com – Komandan Jemaa-e-Islami Mohammed Hamed Jabara tewas dalam serangan udara Israel di Lebanon pada Kamis (18/7/2024).

Kantor Berita Nasional Lebanon (NNA) mengatakan serangan itu menargetkan kendaraan Jibara di desa Ghazi di Lembah Bekaa Lebanon.

Jabara, juga dikenal sebagai Abu Mahmud, terbunuh dalam “serangan Zionis berbahaya” di Baka, menurut pernyataan Jama’a-e-Islamiyya dan sayap bersenjatanya, Pasukan Fajr.

Baca juga: Hizbullah Ancam Serang Sasaran Baru di Israel

Jemaa-e-Islamiyyah yang didirikan pada tahun 1960-an diketahui mengaku bertanggung jawab atas berbagai serangan di Israel, termasuk kampanye bersama dengan Hamas di Lebanon.

Sementara itu, Dawn Army, sayap bersenjata Jama’a Islamia, didirikan pada tahun 1982 untuk melawan pendudukan Israel di Lebanon.

Pada bulan Juni, militer Israel membunuh pemimpin Jemaah Islamiyah dalam serangan terhadap sebuah kendaraan di Lebanon timur yang menurut militer Israel memasok senjata kepada kelompok tersebut dan Hamas.

Serangan lintas batas di Lebanon telah menewaskan 512 orang sejak Oktober, sebagian besar dari mereka adalah militan, termasuk sembilan orang dari Jama’a Islamia, namun termasuk setidaknya 104 warga sipil, AFP melaporkan.

Di pihak Israel, 17 tentara dan 13 warga sipil tewas, kata para pejabat.

Pertempuran antara Hizbullah dan pasukan Israel sebagian besar hanya terjadi di wilayah perbatasan Lebanon-Israel.

Namun meski Israel telah berulang kali menyerang jauh ke dalam wilayah Lebanon, Hizbullah hanya menyerang Israel bagian utara.

Kekerasan tersebut menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya konflik besar antara kedua belah pihak, yang terakhir kali berperang pada musim panas 2006.

Selain itu, pertempuran terus berlanjut sejak serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 yang memicu perang Gaza.

Baca juga: 43 Jet Ukraina Berhasil Menembak Rusia

Israel telah berulang kali menargetkan anggota Jemaa-e-Islami selama sembilan bulan terakhir ketika sayap bersenjatanya melancarkan serangan terhadap Israel dari Lebanon selatan. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top