Ahli Sebut Proyek Tol MBZ Janggal, Beton Diganti Baja Tanpa Pertimbangan

JAKARTA, virprom.com – Arsitek dan pembangun Dharma Sembiring mengatakan banyak kesalahan dalam proyek Jalan Tol Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ).

Hal itu diungkapkan Sembiring saat memberikan keterangan sebagai ahli dalam sidang proyek Jalan Tol MBZ di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2024).

“Kami banyak melakukan kesalahan, karena desain dan konstruksinya memiliki rencana dasar.

Baca Juga: Para Ahli Sebut Daya Tahan dan Umur Truk MBZ Berkurang Saat Spesifikasinya Diubah.

Menurut Sembiring, usulan pertama yang disiapkan untuk proyek tol MBZ sangat sesuai, terutama dari segi desain dan konstruksi.

Namun pada pelaksanaannya terjadi perubahan detail dan material, misalnya perubahan baja batangan menjadi gula.

“Misalnya kita punya data ada aplikasi konversi beton menjadi baja batangan,” kata Sembiring.

Sembiring mengatakan, perubahan dalam proyek Jalan Tol MBZ bisa saja terjadi, namun perlu alasan dan pemikiran yang kuat, serta persetujuan dari beberapa otoritas.

“Harus ada kesepakatan karena ada permintaan di sini, ke Kementerian Pekerjaan Baru dan Bangunan Umum. Jadi kami ingin tahu jawabannya ya atau tidak?” kata Sembiring.

Baca Juga: Saksi Sebut Jalan Layang Beton MBZ Baik-Baik Saja Dalam Situasi Itu

“Mengapa hal itu berubah? Apa saran untuk perubahan? Tidak ada saat ini (penjelasan). “Kami tidak mendapat tanggapan yang terhormat,” katanya.

Dalam perkara ini, penggugat menduga negara dirugikan sebesar Rp510 miliar dalam proyek pembangunan jalan MBZ.

Terdakwa dalam kasus ini adalah CEO PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono, Ketua Komite Perdagangan PT JJC Yudhi Mahyudin, Direktur PT Bukaka Teknik Utama Sofiah Balfas dan Staf Ahli Jembatan PT LAPI Ganeshatama Consulting. Tony Budianto Sihite.

Penggugat menyebut tergugat berkolusi dalam proses penetapan pemenang lelang, hingga mengubah spesifikasi khusus yang tidak sesuai dengan desain asli dan menurunkan kualitas model. Dengarkan berita terbaru dan pilihan berita kami di perangkat seluler Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top