Meneropong Kabinet Prabowo-Gibran, Menteri “Triumvirat” dan Keuangan Diprediksi Tak Diisi Politisi

JAKARTA, virprom.com – Kabinet di bawah Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuminga Raka diperkirakan akan diisi oleh orang-orang yang berlatar belakang politik.

Jumlah ini diperkirakan lebih tinggi dibandingkan masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Namun banyak jabatan strategis yang tidak bisa diisi oleh politisi, misalnya Menteri Keuangan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), termasuk Menteri “Triumvirat” yang terdiri dari Menteri Pertahanan Negara (Menhan), Menteri Luar Negeri. Menteri Dalam Negeri (Menlu) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Dibanjiri politisi

Kabinet pemerintahan Prabowo-Gibrański periode berikutnya diperkirakan akan kebanjiran partai politik (parpol). Jumlah tersebut diperkirakan lebih tinggi dibandingkan pada masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Saya kira jumlah menteri dari Prabowo Gibran di pemerintahan parpol lebih banyak dibandingkan dengan Joko Widodo,” kata Hanta dalam acara Ni Luh di Kompas TV, dikutip Rabu (1 Mei 2024). ).

Pada pemerintahan saat ini, awalnya Jokowi hanya mengisi 16 menteri yang berlatar belakang politik, dari total 34 posisi menteri saat ini.

Baca juga: Prediksi Kabinet Prabowo-Gibran: Tiga Serangkai Menteri Tak Akan Diserahterimakan ke Parpol

Namun pasca terjadi reshuffle atau perombakan di pemerintahan, jumlah menteri dari partai politik bertambah dua orang. Dengan demikian, total ada 18 jabatan menteri yang dijabat oleh anggota partai politik.

Terkait hal tersebut, Hanta memperkirakan, Prabowo berkeinginan untuk mengakomodir semua pihak. Oleh karena itu, ke depan ke depan diperkirakan akan ada penambahan nomenklatur menteri baru yang dipimpin oleh Prabowo-Gibrab.

Hal ini tidak lepas dari banyaknya jumlah koalisi yang dimiliki Prabowo dan keinginannya untuk merangkul semua partai.

“Kalau ditambah 20 atau 24 (menteri dari partai), dibandingkan 34 (jumlah menteri), terkesan proporsinya besar,” kata Hanta.

“Ada ruang untuk menambah nomenklatur menteri. Ya, bisa 34, bisa 40 atau lebih,” ujarnya.

Baca juga: Meski Sarankan Hubungi KIM, Cak Imin Tetap Mau Debat Prabowo di Food Estate

Hanta juga menyebut kabinet yang gemuk bisa membuat pemerintahan tidak efektif.

Pasalnya, jumlah menteri yang lebih banyak mungkin membuat Prabowo kurang fleksibel sebagai presiden karena banyaknya tumpang tindih cakupan kementerian.

“Koalisinya sudah kental, ditambah nomenklatur dan komposisi menterinya juga kental. Faktanya, semakin banyak, maaf, semakin kurang efektif dari segi kualitas. Jadi jangan dipecah dari segi kuantitas” –​​​. Pos strategis

Meski diperkirakan akan diisi oleh para politisi, namun “Triumvirat” menteri pemerintahan Prabowo-Gibran, yang meliputi Menteri Luar Negeri, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Pertahanan Nasional, akan diisi oleh pihak luar. Partai-partai politik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top