Asam Urat Apa Boleh Makan Ikan Asin? Ini Penjelasannya…

 

virprom.com – Penderita asam urat tinggi perlu menjaga pola makan agar terhindar dari serangan asam urat atau kambuh. Jadi penderita asam urat boleh makan ikan asin?

Penting untuk diketahui bahwa menghindari asam urat berarti asupan purin yang tinggi, seperti jeroan atau jeroan dan beberapa makanan laut.

Baca juga: Asam Urat Enaknya Makan Durian? Berikut penjelasannya…

Makanan laut dengan kandungan purin tinggi, misalnya ikan teri, sering diolah dengan garam untuk meningkatkan umur simpan dan rasa. Biasanya tidak dianjurkan untuk penderita asam urat.

Untuk lebih jelasnya, berikut alasan penderita asam urat sebaiknya tidak makan ikan asin. Asam Urat Bolehkah Makan Ikan Asin?

Penderita asam urat sebaiknya tidak makan ikan asin, apalagi saat asam urat kambuh.

Faktanya, garam ditambahkan pada ikan untuk memberikan rasa asin dan tidak menaikkan kadar asam urat.

Namun ikan asin atau seafood biasanya mengandung purin yang tinggi, lebih dari 200 mg per 100 g.

Kandungan purin pada makanan dapat meningkatkan kadar asam urat sehingga memicu serangan asam urat dan memperburuk kondisi pasien.

Misalnya ikan teri yang diolah menjadi ikan asin ternyata memiliki kandungan purin yang relatif tinggi, sekitar 239 mg.

Ikan asin lain yang sebaiknya dihindari penderita asam urat karena tinggi purin adalah sarden 345 mg, tuna 257 mg, trout 297 mg, dan cakalang 211 mg.

Baca juga: Ramuan Apa yang Bisa Menyembuhkan Asam Urat? Ada 8 daftar.

Asupan garam yang tinggi juga tidak dianjurkan bagi penderita asam urat tinggi karena banyak juga penderita yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Mengonsumsi ikan asin dapat meningkatkan tekanan darah karena makanan asin mengandung atrium yang mengikat cairan dalam darah dan memberikan tekanan ekstra pada jantung.

Saat Anda mengonsumsi makanan asin, tubuh kesulitan mengontrol cairan tubuh, sehingga cairan menumpuk di pembuluh darah dan tekanan darah meningkat.

Seseorang dengan asam urat dan tekanan darah tinggi memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Ikan apa yang boleh dimakan penderita asam urat?

Ketimbang mengonsumsi ikan asin, penderita asam urat bisa mengonsumsi beragam jenis ikan rendah purin.

Menurut Verywell Health, ikan rendah purin jika kadarnya kurang dari 100 miligram per 100 gram.

Di bawah ini contoh ikan yang bisa dimakan penderita asam urat: Lele, Nila, Kakap Merah

Selain itu, beberapa makanan laut seperti tiram dan angi atau belut jepang juga boleh dimakan oleh penderita asam urat, asalkan tidak makan terlalu banyak.

Lauk pauk lain yang bisa disantap penderita asam urat adalah telur, ikan berminyak, ayam tanpa kulit, kenari, dan almond.

Baca juga: Siapa yang Berisiko Terkena Asam Urat? Berikut penjelasannya…

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top