Fungsi Jaringan Komputer dan Macam-macam Perangkatnya yang Perlu Diketahui

virprom.com – Pengguna mungkin harus mengetahui beberapa hal dasar tentang jaringan komputer. Salah satunya adalah fungsi jaringan komputer. Sekadar informasi, jaringan komputer memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Jaringan komputer merupakan suatu teknologi yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi dalam jarak jauh. Melalui jaringan komputer, pengguna dapat mengakses internet, mengirim email, melakukan panggilan, dan melakukan berbagai aktivitas komunikasi lainnya.

Baca juga : Jenis Topologi Jaringan Komputer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Tanpa adanya jaringan komputer, kegiatan komunikasi tidak akan dapat dilakukan. Pengetahuan mengenai fungsi jaringan komputer sangat diperlukan khususnya bagi pengguna yang mempelajarinya agar dapat memahami peranannya dalam menunjang kegiatan komunikasi.

Lalu apa sebenarnya fungsi jaringan komputer? Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut, simak penjelasan lengkap kami di bawah ini tentang fitur-fitur jaringan komputer yang perlu Anda ketahui. Memahami jaringan komputer

Sebelum mendalami fitur tersebut, ada baiknya pengguna memahami apa yang dimaksud dengan jaringan komputer. Sebab pengertian jaringan komputer mengandung istilah-istilah yang nantinya dihubungkan dengan penjelasan fungsinya.

Dengan mengetahui pengertiannya terlebih dahulu maka pengguna akan lebih mudah memahami fungsi jaringan komputer. Lalu apa yang dimaksud dengan jaringan komputer?

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang menghubungkan beberapa komputer atau node menjadi satu jaringan. Jaringan komputer dibuat sedemikian rupa sehingga setiap komputer atau node dapat mentransfer data, berkomunikasi, dan berbagai sumber daya satu sama lain.

Komputer dan perangkat lain yang saling terhubung akan memudahkan pengguna dalam berkomunikasi. Untuk membuat jaringan, beberapa komputer dan perangkat lain terhubung menggunakan kabel atau jaringan nirkabel.

Selain menggunakan perangkat keras tersebut, perancangan jaringan komputer biasanya juga memerlukan instalasi perangkat lunak tertentu. Perangkat lunak ini digunakan untuk mendeteksi perangkat di jaringan.

Jaringan komputer biasanya terdiri dari komputer Server yang berfungsi sebagai pusat pengelolaan jaringan, dan komputer Client yang berfungsi sebagai tempat beroperasinya pengguna. Komputer-komputer ini berkomunikasi satu sama lain di jaringan untuk mentransfer data atau berbagi sumber daya.

Jaringan komputer sebenarnya sering kita jumpai setiap hari. Misalnya dalam satu jaringan komputer, beberapa komputer dapat mencetak atau mencetak dokumen dengan menggunakan printer yang sama.

Dalam kehidupan sehari-hari, jaringan komputer mempunyai banyak fungsi yang bermanfaat. Lalu apa saja fungsi jaringan komputer? Silakan simak penjelasan fungsi jaringan komputer berikut ini untuk lebih jelasnya. Fungsi jaringan komputer

Tujuan utama dari jaringan komputer adalah untuk memungkinkan komunikasi antara setiap komputer atau node. Dalam komunikasi antar perangkat komputer, fungsi jaringan komputer adalah untuk berbagi sumber daya dan mengirimkan data.

Resource sharing yang dimaksud dalam jaringan komputer adalah akses terhadap beberapa perangkat keras atau perangkat lunak. Dari segi hardware misalnya, beberapa komputer dalam satu jaringan bisa mengakses kamera CCTV atau printer.

Kemudian misalnya untuk berbagi akses perangkat lunak melalui jaringan komputer, beberapa perangkat komputasi dapat menerima pembaruan sistem operasi secara bersamaan dan otomatis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top