PDI-P Lempar Sinyal Usung Ahmad Luthfi pada Pilkada Jateng

JAKARTA, virprom.com – PDI Perjuangan (PDI-P) mengumumkan akan mencalonkan Kapolda Jawa Tengah Irjen (Irjen) Ahmad Luthfi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Belakangan santer diberitakan nama Ahmad Luthfi akan maju pada Pilkada Jawa Tengah 2024. Ingat, Ahmad Luthfi akan pensiun dari Polri pada November 2024.

Ketua DPP PDI-P Puan Maharani, Ketua DPP PDI-P menyerahkannya kepada Ahmad Lutfhi.

“(Ahmad Luthfi) bisa (dipromosikan),” kata Puan saat ditanya wartawan soal kemungkinan PDI Perjuangan mengusung Ahmad Lutfhi, Selasa (25/06/2024).

Baca Juga: PKS Dukung Anies-Sohibul Iman di Pilkada Jakarta, PDI-P: Semuanya Masih Sangat Menyenangkan

Selain nama Ahmad Lutfhi, PDI-P juga sudah mengidentifikasi sosok lain yang patut dipertimbangkan yakni Ketua DPD PDI-P Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

“(Bambang Pacul) bisa,” jawab Puan singkat.

Puan menjelaskan, pihaknya saat ini fokus melihat peta politik Pilkada 2024, termasuk Jawa Tengah.

Namun usulan nama-nama tersebut masih dipertimbangkan oleh PDI-P.

“Kami semua tertarik mengembangkan nama-nama yang menarik semua,” kata Puan.

Baca juga: PKS Buka Pintu Gandeng PDI-P Promosikan Anies-Sohibul Iman di Jakarta

FYI, PDI-P menguasai DPRD Jawa Tengah (Jateng) dengan meraih 33 kursi pada Pilkada 2024, PDI-P dipastikan akan mengusung calon sendiri di Pilkada Jateng.

Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono mengatakan PDI Perjuangan sudah memenuhi syarat perolehan 24 kursi atau 25 persen suara untuk mengusung pasangan calon gubernur-cawaguba.

“Proses pencalonannya menyatakan bahwa pencalonan dua calon oleh suatu partai politik harus didukung oleh minimal 24 atau 25 persen suara,” kata Handi usai konferensi, Selasa (28 Mei), di kantornya. /2024).

Handi menjelaskan, PDI-P merupakan partai dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD Jateng.

(Skenario: Nicholas Ryan Aditya | Editing: Krisiandi)

Dengarkan berita terbaru dengan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan bergabunglah dengan saluran WhatsApp Compas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top