Tanggal 8 Juni 2024 Memperingati Hari Apa?

virprom.com – Tanggal 8 Juni 2024 jatuh pada hari Sabtu. Hari ini diperingati sebagai Hari Laut Internasional. 

Selain itu, ada juga peringatan dan perayaan lainnya pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada tanggal 8 Juni 2024. Hari Laut Sedunia

Pada tanggal 8 Juni 2024 akan diadakan peringatan internasional yang dikenal dengan Hari Laut Sedunia. 

Hari Laut Sedunia atau dikenal juga dengan sebutan Hari Laut Sedunia merupakan perayaan dan kepedulian terhadap keadaan lautan. 

Menurut situs resmi Hari Laut Sedunia, Hari Laut pertama kali dideklarasikan pada tanggal 8 Juni 1992 di Rio de Janeiro. Saat itu ada Forum Global yang membahas isu-isu lingkungan hidup.

Pernyataan tersebut terinspirasi dari acara yang diselenggarakan oleh Canadian Ocean Institute dan didukung oleh Pemerintah Kanada.

Pada tahun 2008, tanggal 8 Juni ditetapkan oleh PBB sebagai “Hari Laut Sedunia”.

Merujuk situs resminya, tujuan hari ini adalah untuk memperkuat gerakan melindungi dan memulihkan lautan kita serta mengembangkan konstituen global yang lebih kuat untuk mendorong lautan yang sehat dan iklim yang stabil.

Tema Hari Laut Sedunia tahun 2024 adalah “Penangkapan ikan yang berkelanjutan berarti lebih…”. Artinya, bagusnya kondisi laut dilihat dari banyaknya ikan yang ditangkap. 

Tema ini juga menginspirasi Action for Our Ocean and Climate. Dengan mengembangkan gerakan ini, diharapkan kita tidak hanya dapat menciptakan planet biru yang sehat, namun juga masyarakat yang lebih adil, setara, dan berkelanjutan.  Hari Tumor Otak Sedunia

Tanggal 8 Juni juga diperingati sebagai Hari Tumor Otak Sedunia.

Tumor otak merupakan penyakit yang memiliki gejala seperti sakit kepala, kejang, dan koma.

Tumor otak merupakan penyakit yang penyebabnya belum dapat diketahui secara pasti. Hal ini mungkin disebabkan oleh usia, genetika, atau efek radioterapi.

Tumbuhnya tumor otak juga bisa disebabkan oleh perubahan genetik atau mutasi pada sel otak.

Hari Tumor Otak Sedunia diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan kesehatan dan pola makan yang baik untuk mencegah tumor.

Baca juga: Tanda Peringatan Tumor Otak pada Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top