Alasan Kenapa Ban Bisa Kempis Ketika Mobil Jarang Dipakai

JAKARTA, virprom.com – Hanya sedikit orang yang bertanya-tanya mengapa tekanan udara pada ban bisa turun secara tiba-tiba, meski mobil jarang atau tidak pernah digunakan.

Hal ini biasanya terjadi jika mobil berada di garasi dalam waktu lama. Tekanan udara pada ban depan konvensional bisa turun dengan cepat.

Menanggapi kejadian tersebut, Fisa Rizqiano, Vice President Original Equipment (OE) Sales PT Bridgestone Tire Indonesia menjelaskan, masalah turunnya suhu udara menyebabkan ban mobil terbuka.

Baca juga: Benarkah Minyak Ada Tanggal Kedaluwarsanya?

“Pada kondisi dingin, karena ban jarang digunakan, sel-sel udara lebih mudah menyusut sehingga lebih mudah bocor dibandingkan pada kondisi panas atau kondisi sering digunakan yang sel-selnya dalam keadaan mengembang,” kata Fisa kepada virprom.com, Jumat. 5/7/2024).

Fisa juga mengatakan, tekanan udara pada ban alami juga bisa dikurangi. Hal ini disebabkan adanya proses penetrasi atau penetrasi pori-pori.

Namun pada mobil yang jarang digunakan dan sebagian besar ban dalam keadaan stasioner, otomatis tekanan udara pada ban akan turun dibandingkan dengan ban yang bergerak terus menerus.

Sebelumnya, Manajer In-Vehicle Testing (OVT) PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal juga mengumumkan hal serupa. Hal ini juga bisa terjadi pada ban sepeda motor atau sepeda.

Baca juga: Perbandingan Mesin Chery Tiggo 8 dan CR-V Turbo, Lebih Bertenaga Mana?

Menurut Zulpata, berkurangnya tekanan udara pada ban menyebabkan ban kempes karena karet ban tidak padat. Ada lubangnya, meski sangat kecil.

“Karet bannya tidak keras, tapi lubangnya sangat sedikit, bahkan di pelek (lubangnya) pun tidak. Nah, tekanan udara bisa keluar dari lubang itu,” kata Zulpata. Dengarkan berita terkini dan pembaruan kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top