Israel Dorong 100.000 Warga Sipil Palestina Tinggalkan Rafah Timur, Apa Tujuannya?

GAZA, virprom.com – Tentara Israel pada Senin (6/5/2024) menyatakan sedang mengevakuasi sekitar 100.000 orang dari timur Rafah di Jalur Gaza.

“Perkiraannya sekitar 100.000 orang,” kata juru bicara militer Israel kepada wartawan ketika ditanya berapa banyak orang yang dievakuasi.

Sebagai informasi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 1,2 juta orang tinggal di pemukiman Rafah.

Baca juga: Israel Perintahkan Evakuasi Warga Rafah di Gaza Jelang Serangan

Kebanyakan dari mereka adalah pengungsi, warga dari wilayah lain di Gaza yang mencari perlindungan dari serangan Israel sejak Oktober lalu. Tujuan Israel memerintahkan evakuasi

Seperti dilansir kantor berita AFP, juru bicara Militer Israel mengatakan bahwa tujuan evakuasi warga adalah bagian dari rencana mereka untuk menghancurkan Hamas.

“Kami menerima peringatan keras mengenai kehadiran mereka (pasukan Hamas) dan kemampuan mereka beroperasi di Rafah kemarin,” kata juru bicara militer.

Dia mengatakan ini adalah rencana untuk mengeluarkan orang-orang dari bahaya di Rafah.

Sebelumnya, tentara Israel pada Minggu (5/5/2024) menyatakan tiga tentara Israel tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat serangkaian roket yang ditembakkan ke arah perbatasan Kerem Shalom antara Israel dan Gaza.

Baca juga: Dirjen WHO: Rafah Diserang, Pertumpahan Darah Lagi

Tentara mengatakan roket-roket itu ditembakkan di daerah dekat Rafah.

Para prajurit tersebut ditembak saat menjaga alat berat, senjata, dan buldoser yang ada di lokasi.

Sayap bersenjata Hamas mengatakan serangan roket tersebut mendorong pemerintah Israel menutup jalur penyeberangan yang sering digunakan untuk mengirim bantuan ke Gaza.

Sejumlah kalangan khawatir dengan serangan sengaja Israel ke Rafah karena diperkirakan akan menimbulkan banyak korban sipil.

Penentangan ini juga datang dari sekutu Israel, Amerika Serikat.

Baca juga: Mengapa Rencana Serangan Darat Israel ke Rafah di Gaza Banyak Dikritik?

Dengarkan berita terbaik dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran media favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top