Bongkar CVT Nmax Turbo Enggak Bisa Sembarangan, Perlu Kunci Khusus

JAKARTA, virprom.com – Yamaha Nmax Turbo mengusung teknologi YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmision) yang membuat performa CVT semakin canggih dan memiliki performa lebih baik.

Meski demikian, Nmax Turbo tidak bisa dibongkar sembarangan. Apalagi saat servis CVT.

Ferry Nurul Fajar, Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, membuka puli primer Nmax Turbo yang terhubung dengan gigi YECVT memerlukan kunci khusus atau alat khusus.

Baca juga: Naik DAMRI Double Decker rute Jakarta-Malang, tarif mulai Rp 500.000

“Itu untuk buka puli primer, karena ada gemuknya, gemuknya Molykote Grease. Jadi ini lemak khusus yang belum umum di Indonesia, kata Ferry kepada virprom.com, baru-baru ini.

“Sebenarnya hanya untuk menahannya supaya gemuknya tidak bocor. “Jadi saat membukanya harus menggunakan alat khusus,” ujarnya.

Oleh karena itu, pemilik Nmax Turbo tidak bisa begitu saja melakukan servis di bengkel umum. Apalagi saat servis CVT.

Baca Juga: Diskon SUV Juli 2024, Yaris Cross Capai Rp 48 Jutaan, XForce Rp 40 Jutaan

“Yang pasti kita jual ke jaringan kita dulu, misalnya ada pesanan dari bengkel umum tinggal bekerja sama dengan bengkel kita,” kata Ferry.

Sementara itu, Ferry menyarankan agar puli primer Nmax Turbo CVT tidak dibongkar saat melakukan servis CVT. Sebab, komponen tersebut minim perawatan.

Seperti diketahui, pada skuter konvensional pada puli primer terdapat roller yang dapat aus sehingga perlu dilakukan penggantian dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Jokowi Buka Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia

Sedangkan pada Nmax Turbo dengan YECVT, fungsi roller digantikan oleh motor listrik yang berperan untuk mengatur pergerakan sabuk van.

“Apalagi saat kami servis CVT, biasanya kami membongkar semuanya untuk membersihkannya. Pada Nmax Turbo, pulley depan tidak perlu dibuka saat servis. “Cuma (membersihkan) sekitar saja, tapi tidak perlu dihilangkan,” kata Ferry. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top