Risma Ingatkan Lansia Jaga Kesehatan agar Tak Bebani Orang Lain

LHOKSUKON, virprom.com – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismahari mengimbau warga lanjut usia (lansia) Kabupaten Aceh Utara untuk menjaga kesehatan dan tidak menjadi beban keluarga.

Hal itu disampaikan Risma pada Rabu (29/05/2024) saat menghadiri acara Puncak Perayaan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2024 yang digelar di Kantor Bupati Aceh Utara.

Risma pertama kali mengunjungi pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dirintis oleh warga lanjut usia.

Baca juga: Kementerian Agama Undang Jamaah Pakai Baju Rukhsa Saat Ibadah

 

Kemudian ia menyapa para lansia yang sedang menunggu pemeriksaan kesehatan gratis.

Setelah itu, Mensos mengimbau para lansia untuk menjaga kesehatannya. Harapannya, mereka mampu lebih produktif dan mandiri di hari tuanya.

“Bapak ibu walaupun kita sudah tua, bapak ibu harus tetap sehat. “Agar kita tidak selalu bergantung pada orang lain dan membebani orang lain,” kata Risma kepada seniornya, Rabu (29/5/2024).

Menurut Risma, banyak cara yang bisa dilakukan lansia agar tetap bugar, seperti berolahraga dan bersosialisasi.

Dengan cara ini lansia tidak merasa bosan dan dapat mengurangi beban mental akibat kesepian.

Risma mengatakan, “Kalau kita senang, imun kita kuat, daya tahan tubuh kita kuat dan kita tidak mudah terserang penyakit, jadi kalau sakit kita bisa melawannya.”

Baca Juga: Risma Minta Sejumlah Rumah Direnovasi untuk Warga Lanjut Usia: Maaf Anggaran Kami Terbatas

Puncak acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2024 dilaksanakan di Kabupaten Aceh Utara pada tanggal 29 Mei 2024. Tahun ini HLUN mengusung tema “Kepedulian Terhormat Lansia di Indonesia”.

Acara tahun ini meliputi sejumlah kegiatan dan pengabdian bagi para lansia.

– Salah satunya adalah pelayanan kesehatan seperti operasi katarak, donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis, – kata Risma.

Selain itu, menurut Risma, layanan registrasi pengurusan kependudukan juga ditawarkan, seperti pencatatan KTP, serta pencetakan kartu keluarga (CC) bagi lansia.

– Kementerian Sosial juga berupaya meningkatkan aksesibilitas bagi lansia dengan memberikan bantuan seperti kursi roda, tongkat adaptif, kacamata, dan alat bantu dengar, kata Risma.

Baca juga: Kemensos: Masih Banyak Lansia di Aceh Utara yang Takut Operasi Katarak

Kementerian Sosial juga membangun kembali atau merehabilitasi rumah warga lanjut usia yang dianggap tidak layak huni. Pekerjaan ini merupakan bagian dari program Rumah Sejahtera Terpadu (RST).

– Bantuan ini diharapkan dapat membantu memperlancar aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, kata Risma. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung dari ponsel Anda. Untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com, pilih saluran berita favorit Anda: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top