Pabrikan China Bikin PC Berbentuk Keyboard Lipat dengan CPU Ryzen 7

virprom.com – Perangkat ini didesain seperti keyboard lipat yang kompak dan mudah dibawa kemana saja. Namun ternyata di dalamnya terdapat bagian internal laptop yang lengkap, dengan sistem pendingin dan baterai.

Komputer tersebut diumumkan oleh pabrikan asal China, Linglong, dalam presentasi yang disiarkan di platform berbagi video BiliBili pada akhir Juni lalu. Pembawa acara yang memperkenalkannya mengeluarkan komputer dan keyboard flip-up dari saku belakangnya.

Pada gambar struktur perangkat yang dibagikan, terlihat komputer yang dimaksud menempatkan komponen perangkat kerasnya di dalam bodi keyboard, di belakang deretan tombol.

Seperti terlihat pada gambar yang diposting oleh Tom’s Hardware, komponen motherboard, CPU, kipas pendingin dan perangkat keras komputer lainnya ada di sisi kanan, sedangkan baterai ada di sisi kiri.

Baca juga: Asus Perkenalkan Komputer Mini Gaming ROG NUC, Kecil Tapi Bertenaga

Di bagian tengahnya terdapat engsel dan rangkaian penyok yang menghubungkan komponen di kedua sisinya agar tetap terhubung saat perangkat dilipat atau dibuka.

Spesifikasi hardwarenya mirip dengan laptop, dengan prosesor AMD Ryzen 7 8840U, RAM 16GB/32GB, media internal SSD NVMe 2230 512GB/1TB, dan baterai 60Wh (16.000mAh) yang diklaim mampu bertahan selama 10 jam atau 6 jam untuk menonton video.

Konektor yang tersedia antara lain 1x USB 3.0 Tipe A, 1x USB 4 Tipe C, dan 1x USB 3.2 Tipe C, serta konektivitas Bluetooth dan WiFi 6 yang cocok untuk TV dan headset VR

Komputer lipat besutan Linglong ini berukuran kompak dengan dimensi fisik 15×10 cm saat dilipat dan berat 800 gram. Deretan tuts pada keyboard berukuran standar (full size) dengan model chiclet.

Selain keyboard, juga terdapat touchpad berukuran kecil sehingga pengguna dapat menggunakannya tanpa memerlukan mouse, namun tetap harus terkoneksi dengan layar eksternal karena tidak memiliki layar internal seperti laptop.

Menurut Linglong, pengguna dapat menghubungkan keyboard komputer ke perangkat lain yang memiliki layar seperti televisi, tablet, atau ponsel. Namun, skenario idealnya adalah menggunakannya dengan headset Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR).

Baca Juga: Survei IDC: Pengiriman PC Global Meningkat, Lenovo Top, Apple Tercepat

Meski menarik, sayangnya komputer dan keyboard lipat ini belum tersedia secara luas. Seperti dihimpun KompasTekno dari Tom’s Hardware, Senin (15/7/2024), Linglong hanya tersedia melalui program beta akses awal dengan total hanya 200 unit.

Masing-masing dari 200 unit beta test ini dibanderol dengan harga 2.699 yuan (Rp6 juta) untuk versi 16GB/512GB dan 3.599 yuan (Rp8 juta) untuk versi 32GB/1TB berita dan pilihan berita Kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://vvv.vhatsapp.com/0029VaFPbedBPzj13HO3D Pastikan aplikasi WhatsApp sudah diinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top