Miliki Manfaat yang Luas, Minyak Kelapa Sawit Disebut Paling Potensial untuk Diolah Jadi Energi

virprom.com – Program wajib biodiesel yang dilaksanakan pemerintah berhasil dilakukan. Kebijakan penggabungan minyak sawit dan energi yang mencapai kombinasi hingga 35% ini membawa manfaat ganda.

Manfaat tersebut antara lain penghematan anggaran dari pengurangan beban impor minyak dan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca melalui penggunaan biofuel yang ramah lingkungan.

Menurut Deutsche Welle (DW), Direktur Bahan Bakar Nabati Direktorat Jenderal Konservasi Baru, Terbarukan, dan Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Eddy Wibow mengatakan, bahan bakar nabati berbahan dasar minyak sawit memiliki potensi yang besar. emisi terendah. Lagi. .

Eddy mengatakan dalam siaran persnya, Jumat (31/5/2024): “Saat ini, dari sudut pandang ekonomi dan produksi, biofuel dari pohon palem merupakan yang paling dapat diandalkan dan berproduksi rendah.”

Baca Juga: Pj Gubernur Babol: Pabrik Kelapa Sawit Milik Tersangka Korupsi Timah Boleh Berfungsi

Strategi Energi Nasional bertujuan untuk mencapai 15,2 juta kiloliter (KL) dalam sistem pemanfaatan bioenergi pada tahun 2040. Berdasarkan angka tersebut, biodiesel diperkirakan mencapai 11,7 juta kiloliter.

Selain itu, penggunaan biofuel sebagian besar akan berbasis pada minyak sawit mentah (CPO), yang mencakup penggunaan energi ramah lingkungan seperti solar ramah lingkungan, bensin ramah lingkungan, dan biofuel.

Hal ini disebabkan tingginya potensi CPO dan sifat-sifatnya yang mirip dengan bahan bakar fosil.

Pengembangan energi baru dan terbarukan penting bukan hanya karena Indonesia merupakan produsen CPO terbesar di dunia, namun juga karena sifat minyak sawit yang cocok digunakan sebagai bahan baku energi terbarukan.

Baca juga: Jokowi bertemu Menteri Perubahan Iklim Norwegia di Istana, membahas isu terkait kelapa sawit dan aksi iklim

Bahkan, peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyimpulkan bahwa dibandingkan minyak nabati lainnya, minyak sawit kemungkinan merupakan minyak yang dapat diubah menjadi energi.

Yudhistira Nugraha, Kepala Pusat Penelitian Produk Pangan BRIN, mengatakan hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan tim energi terbarukan BRIN menunjukkan bahwa minyak sawit merupakan bahan yang dapat diproduksi.

Ada tiga hal yang memungkinkan kelapa sawit, yaitu ketersediaan bahan baku. teknologi dan kesiapan sungai; Seiring dengan kebijakan pemerintah dalam hal insentif, keuangan, dan investasi, kata Yudhishthira.

Menyikapi hal tersebut, Tongkot Sipayong, Direktur Eksekutif Lembaga Kebijakan Strategi Bisnis Kelapa Sawit (PASPI), menegaskan bahwa kebijakan pemanfaatan minyak sawit sebagai biofuel sudah berada pada jalur yang benar.

Baca Juga: Baru 49 Perusahaan Sawit Masuk Pasar CPO, ICDX Punya Akses

Tangkot juga sepakat bahwa dasar penggunaan minyak sawit sebagai biofuel dapat diperluas tidak hanya pada biodiesel, tetapi juga untuk menghasilkan produk energi lainnya seperti green oil atau biofuel.

Tangkot mengatakan, penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar alternatif memiliki manfaat lingkungan dan ekonomi yang signifikan, seperti mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara, meningkatkan kemandirian energi nasional, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Menurutnya, untuk mencapai potensi pengembangan biodiesel di Indonesia secara maksimal, diperlukan kerja sama antara pemerintah, produsen biodiesel, dan masyarakat untuk mengatasi kendala yang masih ada.

Selain itu, regulasi dan kebijakan yang mendukung pengembangan energi terbarukan juga harus diperkuat.

Baca Juga: Kejati Sumbar Usut Perusahaan Sawit Ilegal di Solok Selatan

Ia mengatakan: Menghadapi tantangan perubahan iklim dan meningkatnya ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, upaya pengembangan energi alternatif harus dilanjutkan bersama oleh pemerintah, produsen biodiesel, dan masyarakat. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top