Polri Bentuk 10 Satgas Pengamanan untuk World Water Forum Ke-10 di Bali

JAKARTA, virprom.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah membentuk satuan tugas (Satgas) ke-10 untuk melaksanakan Operasi Puri Agung 2024 guna menjaga kegiatan World Water Forum ke-10 di Bali.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Departemen Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, tim tersebut bertanggung jawab atas manajemen keamanan di beberapa daerah.

Trunoudo dalam keterangannya, Kamis (2/5/2024), mengatakan, “Pengamanan dibagi menjadi 10 kelompok yaitu kelompok operasional, kelompok pencegahan, kelompok Warlolakir, kelompok operasional, kelompok Gakkum.”

Selain itu, ada Satgas Penanggulangan Terorisme, Satgas Humas, Satgas Banops, dan satuan pengamanan daerah sekitar Bali yakni Jawa Timur dan Nusa Tenggara (NTB).

Baca juga: Jokowi Jadi Tuan Rumah Pertemuan World Water Forum ke-10, Luhut: Persiapan Terakhir

Dalam pengamanan Forum Air ke-10 di dunia tersebut, Trunoudo mengatakan Polri akan bergabung dengan Satuan Pengamanan Presiden, TNI, BNPT, BSSN, BNPN dan kementerian/lembaga terkait.

Sebab, acara ini akan diikuti 43 kepala negara dan 194 menteri dari berbagai negara. Selain itu, empat organisasi internasional, 50.000 peserta dan 30.000 pengunjung.

“Operasi Puri Agung 2024 untuk menjaga keamanan kegiatan World Water Forum ke-10 serta keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para kepala negara, menteri, dan perwakilan yang berpartisipasi,” kata Trunoyudo.

Operasi Puri Agung akan dilaksanakan pada 17-26 Mei 2024 dengan mengerahkan 5.791 petugas yang terdiri dari Mabes Polri 2.485 personel, Polda Bali 2.706 personel, Polda Bali Jatim 300 personel, dan pegawai Polda Bali 300 personel Polda NTB.

Baca Juga: TNI Kerahkan 12.000 Prajurit, 7 Kapal Perang Lindungi Forum Maritim Dunia ke-10 di Bali

Forum Air Dunia ke-10 yang diadakan di Bali pada tanggal 18 hingga 25 Mei 2024 merupakan forum internasional bagi para pemimpin dunia untuk membahas pengelolaan air.

Acara ini fokus pada empat tema yaitu konservasi air, air bersih dan sanitasi, pangan dan energi, serta tanggap bencana.

Melalui 244 kursus yang diselenggarakan dalam forum tersebut, diharapkan dapat memberikan solusi praktis pengelolaan sumber daya air di pulau-pulau kecil.

Selain itu, kami berharap dapat mendirikan pusat keunggulan atau praktik terbaik untuk perlindungan air dan iklim, serta Hari Danau Sedunia. Dengarkan berita terkini dan pilih cerita di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda memiliki aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top