Dua Kapal Fregat Merah Putih TNI AL Diharapkan Bisa Beroperasi pada 2028

JAKARTA, virprom.com – Kare ID, perusahaan keamanan dalam negeri pemilik PT PAL Indonesia, menargetkan bisa memasok dua kapal selam Merah Putih untuk TNI Angkatan Laut dalam waktu satu hingga dua tahun.

“Mudah-mudahan 1-2 tahun ke depan kita bisa umumkan statusnya. Diharapkan pada tahun 2028 atau 2029 kedua kapal tersebut sudah siap saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024) pukul malam.

Bobby mengatakan, sistem manajemen (CMS) atau sistem persenjataannya didatangkan dari Turki.

“Kami menggunakan konsep teknologi dari Turki. Kenapa Turki?” Karena Turki ingin memperkenalkan teknologi,” kata Bobby.

Baca juga: Indonesia Mulai Pembangunan Fregat Merah Putih Gelombang Kedua

Bobby mengatakan, PT PAL dan perusahaan asal Inggris Rosyth Royal Dockyard Ltd (Babcock) telah bekerja sama untuk membangun dua kapal.

“Kami (Indonesia) tidak membeli lisensi. “Kami melukis sendiri,” kata Bobby.

Diketahui, PT PAL Indonesia telah mendapat izin untuk membangun dua kapal selam Merah Putih untuk TNI Angkatan Laut. PT PAL bekerja sama dengan Babcock.

Class Lloyd’s Register (LR) merupakan organisasi internasional yang menunjukkan kesiapan Indonesia untuk berproduksi sesuai desain yang diberikan oleh PT PAL.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengaku bangga dengan pembangunan kapal selam Merah Putih. Menurutnya, Kapal Merah Putih akan menjadi kapal terbesar di Indonesia.

“Kita membuat sejarah, kapal terbesar yang 100 persen putra-putrinya Indonesia. Terima kasih atas kerja bagusnya,” kata Prabowo saat meninjau kapal Merah Putih di PT PAL, 23 Januari 2024.

Baca juga: KSAL serukan FDI Prancis sebagai opsi perkuat TNI Angkatan Laut

Indonesia memulai pembangunan unit kedua bendera Merah Putih dengan pemotongan logam pertama di Galangan Kapal PT PAL Indonesia, Jawa Timur, Rabu (5/6/2024).

Fregat Merah Putih gelombang pertama juga sedang dibangun di PT PAL Indonesia. Dilakukan pada 25 Agustus 2023 peletakan lunas. Dengarkan berita dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih berita favorit Anda untuk mendapatkan saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top