Tak Semua Pebalap MotoGP Benci Aerobody

JAKARTA, virprom.com – MotoGP telah menerbitkan aturan baru untuk musim 2027. Salah satu perubahan besarnya adalah pengurangan kapasitas mesin dari 1.000 cc menjadi 850 cc dan penguatan aerobody.

Teknologi yang meningkatkan pergerakan aerodinamis masih diperbolehkan, namun akan diatur lebih detail. Dimana lebar bagian atas trim depan lebih sempit 50mm dan bagian belakang lebih sempit 50mm.

Baca Juga: Thailand masih mendominasi produksi mobil ASEAN Januari-April 2024

Tujuannya untuk mengurangi efek aerodinamis di jalur lurus dan zona pengereman. Perubahan ini diyakini akan menciptakan perlombaan yang lebih ketat sehingga memberikan tontonan yang lebih menarik.

Aerobodi merupakan pengembangan dari sayap, yaitu “sayap” yang pertama kali diperkenalkan oleh Ducati untuk memperoleh gaya aerodinamis saat sepeda motor berada pada kecepatan tinggi.

Winglet diadopsi dari teknologi Formula 1 (F1) dan pertama kali muncul di MotoGP pada tahun 2015. Winglet diklaim mampu meminimalisir tampilan wheel spinner atau roda depan yang tinggi.

Baca Juga: Mungkinkah Mobil Listrik Kolaborasi BYD dan Toyota Tersedia di Indonesia?

Pembalap VR46 Racing, Fabio di Giannantonio mengatakan, jika ada pembatasan aerodinamis, pasti akan ada perubahan pada motor 2027.

“Mesin baru akan berbeda, juga aero baru. Semuanya mungkin akan lebih ‘normal’, lebih seperti motor pada umumnya,” kata Giannantonio, seperti dikutip Crash, Selasa (21/5/2024).

Baca Juga: Penjualan Mobil ASEAN Anjlok di Q1, Indonesia Tetap No 1

Berbeda dengan Marc Marquez, Giannantonio rupanya merupakan pembalap yang menyukai bodi aero. Menurutnya, bodi aero membuat MotoGP seperti F1, meski konsekuensinya lebih kontroversial.

“Saya suka MotoGP sekarang karena aerodinamisnya luar biasa, perlengkapannya seperti Formula 1 di roda dua,” ujarnya.

“Ke depan akan menarik untuk melihat apakah (perubahan) regulator ini mendekatkan kita dan berjuang. Karena saat ini, agak sulit untuk benar-benar mendekatkan diri dengan pilot lain,” ujarnya.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top