Ketum PSSI soal Elkan Baggott: Tak Mau Menghakimi, Yakin Nasionalisme Masih Ada

virprom.com – Ketua Umum PSSI Eric Thohir angkat bicara soal Elkan Baggott yang tidak datang membela tim Indonesia U23 melawan Guinea di babak play-off Olimpiade 2024.

Elkan Baggott menjadi sorotan publik sejak dipanggil masuk skuad play-off Olimpiade 2024 Indonesia.

Faktanya, tim Indonesia U23 saat ini membutuhkan amunisi lebih untuk menghadapi Guinea demi mendapatkan satu tempat di Olimpiade 2024.

Meski demikian, Erik Thohir menegaskan tak ingin mengecam Elkan Baggott yang dicap non-nasionalis oleh netizen Indonesia.

Baca juga: Alasan Elkan Baggott Tak Dipanggil Timnas

Menurut Eric Thohir, tidak mudah memanggil pemain yang berkarier di luar negeri jika turnamen tersebut tidak masuk dalam kalender FIFA.

Elkan tidak tampil di skuad Indonesia U-23 Piala Asia U-23 2024 karena tidak mendapat izin dari klubnya Bristol Rovers.

“Saya tidak bisa menilai seperti itu, saya selalu bilang kalender itu penting, tidak bisa melakukan semuanya sekaligus,” kata Eric Thohir di acara “Rosie” Compass TV, Kamis (16/05/2024).

“Kalau melihat persiapan timnas U23 dan kondisi tim selama Piala Asia 2024 memang tidak masuk kalender FIFA,” ucapnya lagi.

Baca Juga: Daftar skuad Indonesia untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 tanpa Maarten Paese dan Elkan Baggott.

Pria yang juga menjabat Menteri BUMN ini menjelaskan, dirinya tidak berwenang menyelenggarakan kompetisi di luar Indonesia.

Erik Thohir mencontohkan ketika di Liga Indonesia ia mampu menghentikan persaingan demi tim U23 Indonesia.

“Pemain yang berada di luar negeri tidak berhak menghentikan liga atau memaksa klub,” ujarnya.

Jadi kami harus bertarung dengan Ivar Jenner, Rafael Struijk, Marcelin, lalu ada kesepakatan dengan klub Indonesia dan Justin Huebner kesulitan, ujarnya.

Lebih lanjut, Erik Thohir meyakini sentimen nasionalisme yang dimiliki Elkan Baggott masih tetap ada meski gagal menjawab tantangan tim Indonesia untuk mengikuti play-off Olimpiade 2024.

Baca juga: Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Inggris

“Klub belum melepas Elkan Baggott tetapi apakah dia memutuskan untuk melanjutkan aktivitas lain setelah babak play-off, saya tidak bisa berkomentar karena ini masalah pribadi, tapi dalam hal ini saya yakin masih ada nasionalisme.” ” dia berkata.

Saat ini, Shin Tae-yong belum memanggil Elkan Baggott ke timnas Indonesia untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia akan menghadapi Irak dan Filipina pada turnamen kualifikasi Piala Dunia 2026.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top