Latihan TNI AL dengan Marinir AS Dibuka, Pangkoarmada I: Untuk Tingkatkan Perdamaian

JAKARTA, virprom.com – Latihan antara TNI Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) serta Korps Marinir Amerika Serikat (Marinir AS) resmi dibuka dalam acara militer di Batalyon Infanteri Marinir 9, Piabung, Pesawaran, Lampung, Senin (13/5/2024).

Panglima Koarmada (Pangkoarmada) I, Laksamana Muda Yoos Suryono Hadi membuka latihan bersama (latma) bertajuk Cooperation Afloat Ulliness And Training (CARAT) 2024.

“Pelatihan ini sangat penting, tidak hanya untuk meningkatkan profesionalisme di lapangan, tetapi juga untuk meningkatkan hubungan dan perdamaian,” kata Yoos Suryono dalam siaran pers Badan Intelijen (Dispenal) TNI Angkatan Laut, Senin.

Baca juga: Dua Kapal Pemburu Ranjau Terbaru Indonesia Berlatih Bersama Angkatan Laut Singapura

Latihan CARAT tahun ini melibatkan 1.380 personel TNI Angkatan Laut, Angkatan Laut AS, dan Korps Marinir AS, yang dipersenjatai dengan kapal perang, pesawat terbang, dan senjata angkatan laut.

TNI Angkatan Laut dikomandani oleh Kolonel Marinir (P) Ludfy yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Armada Satkor I.

Saat ini Angkatan Laut AS dipimpin oleh Kapten James Robinson, dan USMC dipimpin oleh Kolonel Sean Dynan.

Pelatihan CARAT 2024 akan berlangsung hingga Senin (20/5/2024).

Latihan CARAT merupakan latihan gabungan antara TNI Angkatan Laut dan Armada Ketujuh Amerika Serikat dalam rangka latihan militer-ke-militer yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Tujuan dari latihan tersebut adalah untuk menciptakan hubungan kerja sama kedua negara, menjalin persahabatan, dan memperkuat profesionalisme militer. Dengarkan berita terkini dengan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top