KPU Belum Bahas Ketua Definitif Pengganti Hasyim

JAKARTA, KOMPAS com – Komisi Pemilihan Umum Pusat (KPU) belum membahas siapa eksekutif yang akan menjadi Ketua Tertinggi KPU menggantikan Hassim Assiri yang dipecat pekan lalu oleh Dewan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) sebagai ketua. dari KPU. Ketua KPU Indonesia.

Sejak Hasyim diberhentikan, hingga saat ini Mohamed Epipodin masih menjabat sebagai Ketua KPU RI sebagai Penjabat Ketua (Exit), meski Presiden RI Joko Widodo telah mengeluarkan perintah presiden untuk pemberhentian tidak dengan hormat pada Selasa (9/7/2024).

“Kami belum membahas secara detail apakah kami segera menerima kembali perdebatan sebagai ketua final atau menunggu nanti, jadi itu soal pilihan,” kata Epifodin kepada wartawan, Jumat (12/07/2024).

Yang terakhir menjelaskan, sisa 6 anggota eksekutif sebenarnya sudah cukup kuorum untuk menyelenggarakan kongres guna menentukan ketua final KPU RI dalam waktu dekat.

Baca Juga: Skandal Asusila Mantan Ketua KPU, Mahfoud Minta Seluruh Perwakilan Bertanggung Jawab Moral

Namun, kata Afif, saat ini pimpinan KPU RI masih tersebar di beberapa daerah dan memantau persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Mereka juga belum memutuskan kapan akan menggelar rapat umum tersebut, termasuk apakah akan menunggu terlebih dahulu Komite II DPR RI yang memutuskan siapa calon anggota KPU RI pengganti Hasyim.

Afif mengatakan, dari segi waktu, KPU RI masih memiliki peluang yang cukup panjang untuk menentukan ketua final KPU RI.

Baca Juga: Akibat Pemecatan Ketua KPU, Komnas HAM Minta Penyelenggara Pilkada Bentuk Panitia Proyek TPKS

“Durasi penerbitan PLT 3 bulan dan bisa diperpanjang periode berikutnya/siklus kedua – bisa tiga bulan lagi,” jelasnya.

FYI, masih ada 6 petugas KPU yang bertugas, yakni Afif, Betty Epsilon Idroos, Parsdan Harahap, Idham Holik, August Mellaz, dan Julianto Sudrajat.

Kekosongan Hassei akan digantikan oleh Anggota KPU Kaltim Ifa Rosita yang menduduki jabatan wakil berdasarkan hasil pemilihan ketua KPU Pemilu 2022.

Namun pengambilan sumpah Iffa sebagai Sekjen KPU masih menunggu keputusan DPR. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top